Home / Artikel Kesehatan / 5 Herbal Terbaik Yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

5 Herbal Terbaik Yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dari sekian banyak sistem yang bekerja dalam tubuh manusia, sistem kekebalan tubuh adalah contoh yang sangat baik dari efisiensi yang kompleks. Sebuah jaringan sel dan organ yang berpartisipasi, dalam mensinkronkan respon ketika tubuh mempertahankan diri dari infeksi dan penyakit.

Dalam elemen, sistem kekebalan tubuh memiliki kemampuan mengingat penyakit yang pernah di alami tubuh, dan menghasilkan sekresi dan sel-sel yang secara efektif dapat mempertahankan tubuh dari kekambuhan. Selain itu sistem imun  memiliki sistem komunikasi canggih yang dapat memicu respon langsung terhadap keadaan darurat dan bertindak sesuai dengan tingkat keparahan infeksi. Sel kekebalan diaktifkan mulai dari memproduksi zat yang memungkinkan untuk merekrut sel-sel kekebalan lainnya dan membimbing ke lokasi serangan, sementara pada saat yang sama memungkinkan untuk mengontrol perilaku dan pertumbuhannya.

Namun, ketika sistem malfungsi dengan menyebabkan respon yang tidak pantas terhadap zat atau sel-sel yang berasal dari tubuh, menyebabkan penyakit autoimun yang akan membutuhkan intervensi dari obat yang akan menekan respon sistem. A imun tubuh. Apa yang menyebabkan sistem mengalami malfungsi, bagaimanapun, masih belum jelas. Hal ini diyakini bahwa paparan terhadap beberapa obat atau bakteri oleh orang-orang dengan gen yang rentan menyebabkan fenomena ini.

Ketika benar-benar terganggu tubuh dibiarkan tidak berdaya,  sehingga menjadi rentan terhadap penyakit.

Makanan yang secara alami dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa bahan alami memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat bergantung pada asupan gizi seseorang. Mereka yang kekurangan asupan bergizi lebih rentan terhadap penyakit dibanding mereka yang memperhatikan nilai gizi makanan mereka. Dibawah ini adalah beberapa contoh bahan alami sebagai booster sistem imun Anda.

1. Ginseng

Tanaman ini memiliki banyak varietas. Berbagai yang paling sering diteliti adalah Panax ginseng, juga dikenal sebagai ginseng Korea. Komponen aktif utama, ginsenosides, telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker. Studi penelitian klinis menunjukkan bahwa hal itu mungkin meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan psikologis serta kondisi yang berkaitan dengan diabetes.

2. Bawang putih

Rempah-rempah ini telah memiliki sejarah panjang khasiat kesehatan. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Ellen Tattelman, asisten profesor di Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, New York, itu menegaskan bahwa bawang putih memang memiliki khasiat kardiovaskular, anti-mikroba dan sifat antineoplastik.

3. Paprika

Jenis lada yang satu ini tidak mengandung capsaicin, tidak seperti cabai dan merica yang terasa panas dan pedas. Sebaliknya, paprika bercita rasa manis dan renyah, dengan kandungan lycopene karotenoid yang menurunkan risiko kanker; beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A; dan Zeaxanthin, yang dikenal untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.

4. Kunyit

Rempah ini mengandung curcumin, yang memiliki sifat antioksidan yang penting. Ia juga memiliki efek antibakteri, manfaat menenangkan, anti-inflamasi dan obat sakit perut. Kunyit  mengurangi peradangan dengan merangsang kelenjar adrenal untuk meningkatkan hormon yang mengurangi peradangan.
Penelitian pada hewan pada ramuan ini telah mengungkapkan bahwa kunyit melindungi hati dari efek buruk alkohol dan racun tertentu. Kunyit juga membantu dalam masalah pencernaan dengan merangsang aliran empedu.

5. Gingko biloba

Daun Gingko Biloba  yang mengandung senyawa antioksidan yang disebut bilobalides dan ginkgolides yang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, juga telah diketahui dapat melindungi tubuhb terhadap efek radiasi. Dalam sebuah penelitian menggunakan subyek hewan, ginkgo ditunjukkan telah melindungi subjek tes terhadap keracunan radiasi. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa ekstrak herbal ini dapat menetralisir oksidator dan radikal bebas yang disebabkan dalam sel akibat radiasi, sehingga mencegah kematian sel. Bahkan, baru-baru ini melaporkan bahwa ekstrak ginkgo mengurangi kerusakan otak hingga 50 persen.

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...