Home / Artikel Kesehatan / 5 Herbal Ampuh Peredam Nyeri, Gantikan Pil Analgesik Anda

5 Herbal Ampuh Peredam Nyeri, Gantikan Pil Analgesik Anda

Ada Banyak alasan yang mendasar untuk menghindari konsumsi aspirin dengan meninggalkan pengobatan konvensional. Ibuprofen adalah jenis “non-steroid obat anti-inflamasi” (NSAID) yang digunakan secara luas sebagai obat penghilang rasa sakit. Ini telah dibuktikan efektif dalam menghilangkan rasa sakit, namun ada kemungkinan beberapa efek samping yang serius, termasuk perdarahan dan masalah jantung .

Banyak kajian tentang potensi bahaya yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen secara teratur. Ibuprofen dan Aspirin secara riset telah dikaitkan dengan anemia, kerusakan DNA, penyakit jantung, gangguan pendengaran, hipertensi, keguguran dan bahkan kematian influenza (ini hanya 7 dari lebih dari 24 efek kesehatan yang merugikan yang berhubungan dengan hal tersebut.)

“Penggunaan dosis tinggi jangka panjang dari obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau diclofenac adalah ‘sama berbahaya’ dalam hal risiko serangan jantung sebagai penggunaan obat Vioxx, yang ditarik karena potensi bahaya nya.” – Reuters

Nah, Anda sudah tahu bahayanya mengapa tidak mencoba pengobatan Herbal saja sebagai pengganti Aspirin dan ibuprofen? Brikut Herbal yang dapat meredam nyeri dan rasa sakit.

1. Willow putih (L. Salix alba),

Apa White Willow Bark Extract itu ? Willow putih (L. Salix alba), juga dikenal sebagai willow salisin, telah digunakan untuk kesehatan pada ribuan tahun yang lalu. Willow ekstrak kulit putih berisi salisin, suatu senyawa digunakan secara tradisional sebagai analgesik untuk menghilangkan rasa sakit. Beberapa spesies yang lebih dikenal dari keluarga willow asli Eropa, Asia, dan beberapa  bagian Amerika Utara willow putih / willow Eropa (Salix alba), willow hitam (Salix nigra), willow retak (Salix fragilis), willow ungu (Salix purpurea), dan menangis willow (Salix  babylonica).

Herbal ini mengandung zat yang disebut salisin yang mengubah asam salisilat ketika di perut. Asam salisilat adalah komponen utama Aspirin dan ketika digunakan secara sintetis memiliki efek iritasi pada lambung. Kulit pohon willow putih efektif dalam mengurangi rasa sakit, peradangan dan demam. Dosis yang disarankan adalah 1 sampai 2 tetes ekstrak willow .

2. Capsaicin /Cabai

Cabai termasuk ke dalam genus Capsicum yang mengandung senyawa capsaicin. Capsaicin adalah senyawa kimia yang membuat cabai memiliki citarasa pedas. Tapi, senyawa ini justru dapat meracuni saraf.Capsaicin mengikat molekul tertentu pada subkelompok neuron dalam sistem sensorik yang disebut “nociceptor”. Ketika dimakan, senyawa ini kan berikatan dengan reseptor nyeri di mulut dan kerongkongan sehingga menyebabkan rasa pedas.

Obat alamiah ini terutama digunakan secara topikal dan efektif dalam mengurangi nyeri  otot dan nyeri sendi dengan mengganggu dengan sintesa kimia dalam tubuh yang dikenal sebagai substansi P yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak. Hal ini sering ditemukan dalam bentuk gel atau krim dan datang dalam berbagai potentcies. Obat ini dapat digunakan tiga sampai empat kali sehari. cabai beberapa penggunanya telah memakainya dan merasa sakit yang menyengat mereda.

3 .Curcumin /kunyit

Juga disebut sebagai kunyit mengandung kurkumin dan dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit yang kuat. Seperti cara kerja Capsaicin, kurkumin  membantu untuk memblokir sinyal rasa sakit yg berjalan berjalan ke otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa curcumin efektif dalam menmblok rasa sakit, bahkan rasa sakit kronis dan efektif ketika mengobati rheumatoid arthritis. Satu dosis yang disarankan adalah 400 sampai 600 mg kurkumin diminum tiga kali sehari selama rasa sakit dan peradangan.

4. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan telah terbukti sangat bermanfaat bagi orang yang menderita arthritis, kondisi sendi inflamasi lainnya dan penyakit radang usus, mereka juga dikenal untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tidak hanya ini bermanfaat untuk orang dengan rheumatoid arthritis, yang membawa peningkatan risiko untuk penyakit kardiovaskular, tetapi juga membantu untuk menghentikan pembunuh nomor satu di dunia yakni sakit jantung. Dosis yang disarankan asam lemak omega-3 seperti minyak ikan adalah 1.000 mg per hari

5.Uncaria Tomentosa  /Tapak kucing/Gambir

Uncaria Tomentosa (dikenali dalam bahasa Inggeris sebagai Cat Claw, di Sepanyol sebagai Una de Gato atau nama India sebagai Vilcacora) ia adalah tumbuhan merayap berkayu yang ditemui di hutan tropika Amerika Selatan dan Tengah, yang menggambil namanya sempena durinya berbentuk seperti tapak kucing . Ia digunakan dalam rawatan alternatif untuk pelbagai penyakit. Genus Uncaria (Rubiaceae) telah terkenal dengan sifat perubatan dan terapeutik. Antara spesies Uncaria, paling banyak diterokai ialah Uncaria tomentosa Peru atau dikenali sebagai una de Gato (tapak kucing) yang dipercayai mempunyai kuasa penyembuhan ajaib. Ia telah digunakan secara meluas untuk rawatan asma, kanser, sirosis, demam, gastrik, kencing manis, penyakit sendi, disentri, radang saluran kencing dan banyak penyakit lain

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...