Home / Artikel Kesehatan / 5 Makanan Ini Efektif Lawan Rasa Lapar

5 Makanan Ini Efektif Lawan Rasa Lapar

Jika Anda merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan karena tidak tahan kelaparan hal itu sangatlah wajar. Perasaan lapar adalah alasan nomor satu akhirnya orang-orang menyerah untuk berusaha menurunkan berat badan.

Kabar baiknya adalah untukmenjadi langsing Anda tidak perlu menjadi seorang tawanan yang kelaparan. Penelitian telah mengidentifikasi senyawa dalam makanan tertentu yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menolak hormon kelaparan. Berikut adalah lima bahan alami penahan rasa lapar yang dapat membantu Anda memenangkan pertempuran bertahan dari rasa lapar.

1. Raspberry

Sementara banyak buah menawarkan manfaat kesehatan, raspberry yang memiliki kelebihan dalam mengendalikan rasa lapar. Satu cangkir raspberry merah beku hanya memiliki 80 kalori dan 9 gram serat. Bahkan, Raspberry adalah  salah satu buah  sumber serat yang kaya,yang dapat Anda dapat temukan. Karena diet serat tinggi membuat orang merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama, hal ini membantu untuk mengurangi keinginan pada makanan. Raspberry juga menyediakan asupan berlimpah dari vitamin C, mangan, dan kalium.

Raspberry segar adalah memang menyenangkan dikonsumsi saat musim panas. Tapi jangan membatasi berry lezat ini untuk musim panas saja. Anda dapat membeli raspberry merah beku sepanjang tahun. Mencairkannya pada suhu kamar selama beberapa menit dan menambahkannya pada semangkuk sereal dingin, yoghurt, ataupun salad. Cara mudah untuk menikmati buah ini adalah memasukannya dalam menu sarapan sebagai smoothie yang lezat. Campurkan 1 cangkir raspberry merah beku dan susu non-fat dengan pisang proses  selama 60 detik, siap disajikan.

2. Rumput Laut

Rumput laut memiliki manfaat lebih dari hanya sebagai hiasan yang trendi. Rumput laut telah dinikmati masyarakat di Asia selama berabad-abad, tetapi kini diakui manfaatnya untuk mengendalikan nafsu makan dan berat badan. Rumput laut mengandung banyak protein dan serat larut, yang membantu memperlambat pencernaan dan mengontrol gula darah dan juga nafsu makan.  Terlebih lagi, ahli kimia Jepang telah menemukan bahwa pigmen kecoklatan di wakame (rumput laut sering digunakan dalam salad dan sup) yang disebut fukosaantin dapat mendorong penurunan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Hokkaido di Jepang melihat tikus yang obesitas kehilangan lima sampai 10% dari berat badan mereka ketika fukosantin ditambahkan ke makanan harian mereka. Fukosantin bekerja dengan merangsang produksi protein yang meningkatkan pembakaran lemak.

Anda dapat menggunakannya sebagai bahan pembuat sup, semur dan tumisan. Ada juga beberapa camilan rumput laut panggang.  Rumput laut mengandung vitamin dan mineral dan 10 buahnya hanya memiliki 30 kalori.

3. Pistachio (dan kacang-kacangan lainnya)

Studi menunjukkan bahwa bertentangan dengan mitos populer, pistachio dan kacang-kacangan lainnya dapat membantu menurunkan rasa lapar dan mengendalikan berat badan. Mengapa? Kacang dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama, dan penelitian awal juga menunjukkan kalori mereka tidak sepenuhnya diserap oleh tubuh. Terlebih lagi, di-kulit pistachio memberikan keuntungan yang unik bermasalah dengan lingkar pinggang yang lebar. Sebuah studi awal dari Eastern Illinois University menunjukkan bahwa orang yang mengudap pistachio beseta kulitnya mengkonsumsi kalori 41% lebih sedikit daripada mereka yang makan pistachio kupas. Para penulis mengatakan shell kosong mungkin membantu isyarat visual tentang berapa banyak yang telah dimakan, sehingga berpotensi mendorong Anda untuk makan lebih sedikit.

Kacang-kacangan adalah tambahan yang bagus untuk sereal, yoghurt, dan bahkan makanan penutup favorit Anda. Untuk memperkaya manfaatnya  dapat juga mengkonsumsi campuran pistachio, cranberry, dan biji bunga matahari.

4. Polong-polongan (kacang, kacang polong, lentil, kacang kedelai dan kacang buncis)

Kacang polong merupakan cara terampuh menjinakkan kelaparan karena penuh dengan serat, pati dan protein yang tahan dan lambat dicerna. Bahkan, sebuah penelitian terbaru di Journal of Human Nutrition and Dietetics, menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan yang mengonsumsi diet kacang kehilangan hampir 10 kilogram dalam 16 minggu sambil memperbaiki juga kadar kolesterol darah mereka. Analisis lain yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity menemukan bahwa orang yang makan sekitar 1 cangkir (5,5 ons) kacang-kacangan merasa 31% lebih kenyang dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi makanan penuh serat tersebut.

Letakkan kacang-kacangan dan polong-polongan lainnya di dapur Anda sehingga Anda akan dengan mudah mendapatkan camilan sehat. Tambahkan ke salad dan juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat sup  dan burrito dan resep masakan lainnya .

5. telur

Telur adalah salah satu cara efektif  melawan rasalapar Anda. Satu studi di European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa ketika orang makan telur untuk sarapan (dibanding dengan mereka yang  sarapan dengan jumlah kaloriyang sama, baik sereal atau croissant), mereka mengkonsumsi hingga 438 kalori lebih sedikit sepanjang hari. Penelitian lain menunjukkan bahwa sarapan telur dapat membantu mengontrol rasa lapar selama 24 jam penuh.

Untuk menjaga kadar kolesterol darah sebaiknya membatasi asupan telur sebanyak 1 kuning telur per hari dan menggunakan putih telur sebagai protein tambahan.  Salah satu hidangan telur favorit sebagai sarapan adalah telur orak arik yang disajikan dengan tortila.

 

Sumber : webmd.com oleh  Katherine Brooking, MS, RD (5 Foods to Curb Your Hunger)

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...