Home / Artikel Kesehatan / 6 Langkah Agar Fungsi Ginjal Prima Kesehatan Pun Terjaga

6 Langkah Agar Fungsi Ginjal Prima Kesehatan Pun Terjaga

Ginjal merupakan organ yang sangat vital pada tubuh kita. ini dikarenakan fungis ginjal sebagai organ yang berperan penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Organ ini menyaring zat-zat yang telah tidak terpakai (zat buangan atau sampah/limbah) yang merupakan sisa metabolisme tubuh. Setiap harinya ginjal berfungsi memproses sekitar 200 liter darah untuk disaring dan menghasilkan sekitar 2 liter limbah dan ekstra cairan yang berlebih dalam bentuk urin, yang mengalir ke kandung kemih melalui saluran yang dikenal sebagai ureter. Urin akan disimpan di dalam kandung kemih ini sebelum dikeluarkan pada saat berkemih (buang air kecil).

Beberapa orang yang lahir dengan 1 ginjal, masih bisa hidup seperti layaknya orang normal. Namun, jika kedua fungsi ginjal sudah tidak bisa bekerja atau berfungsi seperti semula, terapi seperti hemodialisis dan transplantasi ginjal dapat menjadi harapan baru bagi penderita yang mengalami gangguan fungsi ginjal kronik / gagal ginjal.

Demikian pentingnya fungsi ginjal dalam pengaruhnya terhadap kesehatan manusia, maka kita tidak boleh mengabaikan hal-hal  yang membuat fungsi ginjal tetap prima. Berikut cara agar fungsi ginjal tetap sehat dan prima.

1. Minum Air Putih

Minum air putih 6-8 gelas/hari merupakan cara yang sangat mudah sekali anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Hampir 70 persen tubuh kita membutuhkan air putih dan dengan menjaga asupan air putih  akan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih, ginjal akan bekerja lebih baik karena pembuangan urin menjadi lancar dan kinerja ginjal menjadi tidak berat.

2. Perhatikan pola makan

Merubah pola makan menjadi lebih baik bisa anda lakukan agar fungsi ginjal Anda tetap prima. Yaitu dengan cara mengkonsumsi buah, sayuran segar, ikan dan daging putih tanpa lemak serta jauhi makanan yang olahan dan kurangi konsumsi garam yang berlebihan. Karena fungsi ginjal sebagai penyaring racun, maka makanan yang kurang sehat akan membuat ginjal bekerja dua kali lebih keras. Juga disarankan untuk tidak  minuman berenergi dalam waktu panjang apalagi disaat dehidrasi.

3. Hindari Obesitas dan Kendalikan Kadar Gula Darah

Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi biang yang menyebabkan Fungsi Ginjal seseorang menjadi terganggu. Berat badan yang terus naik tentunya akan membuat lemak terus bertambah dan tertimbun di sekitar perut. Sehingga, ginjal akan mudah tertekan dan sesak. Jika sudah demikian, ginjal menjadi lebih sulit untuk memproses urin. Tidak heran jika penyakit ginjal sangat mudah menghampiri penderita dengan masalah obesitas. Berolahraga secara rutin menjadi solusi untuk menghindarkan diri dari masalah obesitas dan penumpukan lemak. Waspada juga terhadap makanan dengan kandungan lemak jahat.
Demikian pula orang pengidap penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal memiliki beberapa keterkaitan. Sehingga banyak dari mereka penderita diabetes akhirrnya juga memiliki masalah pada ginjalnya. Maka dari itu, menjaga kadar gula yang masuk pada tubuh juga sangat penting untuk kesehatan ginjal.

4.  Perhatikan konsumsi Obat Anda

Dengan banyak mengkonsumsi obat obatan secara berat bukan hanya akan berbahaya pada jantung, namun juga akan membuat kerja ginjal semakin berat. Ketika akan memakan jenis obat tertentu lebih baik cobalah konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Khususnya obat nyeri dan obat antibiotik .
5. Berolahraga.

Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal anda agar tetap prima. dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi. Lakukanlah olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit/hari supaya tubuh anda lebih segar dan metabolisme tubuh meningkat.

6. Menjauh dari rokok dan alkohol

Berhenti merokok merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Karena nikotin dalam rokok adalah faktor utama yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal anda. Demikian juga dengan mengkonsumsi minuman beralkohol, karena alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh sehingga dapat berakibat terjadinya gangguan fungsi ginjal.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...