Home / Artikel Kesehatan / 7 Cara Sederhana dan Alami Sembuhkan Mengorok Atau Mendengkur

7 Cara Sederhana dan Alami Sembuhkan Mengorok Atau Mendengkur

Mendengkur atau “ngorok” saat tidur adalah keluhan yang mengganggu. Tidak hanya penderita, namun juga orang yang berbagi tempat tidur dengannya akan terganggu akan suara berisik orang yang mendengkur. Mendengkur dapat dialami pria maupun wanita,beberapa faktor menyebabkan keluhan mendengkur semakin parah, misalnya pertambahan usia dan obesitas. Mendengkur membuat kualitas tidur penderita dan pasangannya menjadi terganggu, sehingga menurunkan kualitas hidup di pagi hari.

Untuk itu ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan agar mendengkur tidak menjadi semakin parah, atau sembuh sama sekali.

1. Mengubah posisi tidur

Tidur terlentang dapat menyebabkan posisi lidah dan langit-langit lunak di dalam mulut menempel sehingga menghambat saluran napas Anda, sehingga menyebabkan Anda mendengkur. Jika Anda kesulitan tidur menyamping, Anda dapat mengganjal sisi tubuh satunya denan guling.

2. Perubahan gaya hidup

Jauhkan diri Anda dari minuman beralkohol, dan juga lakukan penurunan berat badan jika Anda mengalami obesitas. Alkohol bertindak sebagai relaksan otot, yang memungkinkan jaringan lunak di bagian belakang mulut dan tenggorokan jatuh ke dalam. Ada juga hubungan antara obesitas dan mendengkur. Hal ini diyakini bahwa berat badan ekstra menempatkan lemak pada sekitar leher memberikan tekanan pada jaringan lunak di tenggorokan sehingga mengakibatkan Anda mengorok di saat tidur.

3. Menghindari penyebab alergi dalam kamar tidur

Mendengkur tak jarang juga dapat disebabkan oleh alergi. Mengganti bantal dan kasur kapuk dengan bahan yang dapat membantu mencegah tungau debu, debu dan penyebab alergi lainnya menetap di sana. Jika alergi adalah penyebab mendengkur, alat pembersih udara di rumah juga dapat membantu membantu mereduksi alergen penyebab mendengkur.

4. Teh daun jelatang (Nettle leaf)

7 Cara Sederhana dan Alami Sembuhkan Mengorok Atau MendengkurJika mendengkur adalah disebabkan karena alergi cuaca, bukan karena alergen di kamar tidur, tingkat keparahan dapat mereda dengan minum teh daun jelatang sebelum tidur. Jelatang yang pedas,  memiliki sejarah panjang digunakan secara medis. Teh daunJelatang bekerja sebagai antihistamin dan meredakan saluran pernafasan yang meradang yang mengakibatkan mendengkur.

 

5. Meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan

7 Cara Sederhana dan Alami Sembuhkan Mengorok Atau MendengkurUdara kering, terutama di musim dingin, dapat menyebabkan membran hidung Anda teriritasi, sehingga menimbulkan pernafasan yang terhambat yang pada akhirnya dapat menyebabkan mendengkur. Bernapas melalui mulut dengan udara yang kering bisa mengiritasi tenggorokan Anda, menyebabkan ia mengerut dan mengurangi kelembaban alami di tenggorokan Anda. Sebuah solusi sederhana adalah untuk meningkatkan kelembaban ruangan dengan menggunakan humidifier portabel.

6. Minyak thyme

7 Cara Sederhana dan Alami Sembuhkan Mengorok Atau MendengkurMendengkur dapat diperburuk oleh kelelahan. Untuk membantu relaksasi saat tidur di malam hari, beberapa orang telah mendapatkan manfaat  besar menggunakan minyak esensial. Minyak thyme khususnya telah diidentifikasi sangat berguna. Tetesan minyak thyme biasanya dioleskan pada kaki sebelum tidur, meskipun harus diperhatikan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi, wanita hamil, dan anak-anak.

7. Akupunktur

Kadang-kadang, setelah mengalami iritasi sinus dan saluran pernapasan yang berkepanjangan, cairan dapat menumpuk dalam jaringan lapisan. Ini disebut edema, dan dapat menyempitkan aliran udara melalui saluran nafas, yang menyebabkan mendengkur. Akupunktur dapat membantu dalam kasus ini, dengan meningkatkan aliran darah ke jaringan tersebut, dan membantu menguras kelebihan cairan.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...