Home / Artikel Kesehatan / Agar Makan Malam Tidak Menjadi Bencana Diet Anda

Agar Makan Malam Tidak Menjadi Bencana Diet Anda

Bebrapa orang berpikir dengan menahan rsa lapar di malam hari dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah namun juga tidak benar.  Pasalnya pencernaan dan organ tubuh tidak berhenti bekerja selama kita tidur dan proses tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak dan regenerasi juga terjadi pada saat tidur. Otak manusia membutuhkan lebih banyak oksigen saat tidur, jadi keseluruhan proses ini tentunya membutuhkan kalori yang tidak sedikit. Namun Anda harus mengerti jenis kalori dan jumlah yang diperlukan pada malam hari.

Berikut beberapa tips agar makan malam Anda tidak merusak program penurunan berat badan Anda.

– Makanlah 30 menit sebelum anda tidur.

– Setelah anda makan atau 10 menit setelah makan lakukanlah sedikit olah tubuh / olahraga kecil namun bermutu(menghasilkan keringt) selama 10 menit.

– 10 menit setelah anda berolahraga, beristirahatlah selama 10 menit agar keringat anda kering. Jadi total sudah 30 menit setelah anda olahraga.

– Jika rasa gerah anda sudah hilang anda boleh langsung tidur.

–  Anda bisa mengonsumsi karbohidrat yang sehat dan protein, mungkin beberapa keripik maupun roti lapis. Semua makanan yang berasal dari biji-bijian rendah lemak dan mudah dicerna oleh tubuh.

– Kombinasikan dengan sedikit tuna, ayam atau selai kacang dan Anda akan mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan sepanjang malam.

– Anda juga bisa memadukan sejumlah kecil protein dengan beberapa keripik atau cemilan dari beras, atau membuat roti lapis pisang maupun roti dengan selai kacang. Yoghurt keju atau krim keju juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi hasrat lapar Anda di malam hari.

– Selain makan makanan yang tepat, ngemil di malam hari perlu dilakukan dengan benar. Pastikan bahwa Anda tidak makan saat Anda ingin benar-benar naik ke tempat tidur.

– Jika Anda akan ngemil, lakukan setidaknya dua puluh menit sebelum Anda menutup mata Anda. Jeda itu akan membiarkan sistem pencernaan Anda bekerja, tetapi akan meminimalkan risiko asam lambung Anda naik. Kuncinya adalah konsumsi makanan ringan. Bukan makan berat.

– Untuk menjaga kesehatan Anda, ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi malam hari. Anda harus menghindari makanan pedas dan tinggi lemak karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

– Begitu pula dengan makanan manis. Cegah konsumsi makanan manis di malam hari karena mereka dapat mengganggu tingkat energi Anda.

– Selain itu, menurut laman earth 911 Anda juga patut menghindari alkohol atau kafein. Alkohol memang dapat membuat Anda mengantuk, namun kualitas tidur akan lebih baik tanpa alkohol.

– Anda juga harus menghentikan konsumsi kafein paling tidak enam jam sebelum tidur karena dapat memengaruhi tidur Anda.

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...