Home / Tehnik Pengobatan / Akupunktur Metoda Penyembuhan Tusuk Jarum yang Melegenda

Akupunktur Metoda Penyembuhan Tusuk Jarum yang Melegenda

Berdasarkan ahli sejarah Tionghoa Sima Qian, mereka telah menemukan bukti bahwa akupunktur sudah dikenal sejak 5.000 tahun yang lampau, yaitu dari buku Huang Ti Nei Cing (the Yellow Emperor’s Classic of Internal Medicine), yang menjelaskan bahwa ilmu ini mulai berkembang sejak zaman batu, kira-kira empat sampai lima ribu tahun yang lalu. Mereka menggunakan batu runcing, bambu maupun tulang ikan sebagai penggantinya jarum. Jarum batu waktu itu digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Sebuah kasus yang diungkapkan buku itu adalah penyembuhan abses dengan penusukan jarum batu.

Konsep dari pengobatan akupunktur itu sendiri yaitu mencoba untuk menyeimbangkan antara tingkat energi dan kimia yang ada di dalam diri seseorang. Tujuannya  adalah untuk mengembalikan  keseimbangan energi vital serta mengoptimalkan terbentuknya antibodi pada tubuh pasien dengan adanya aliran Ci yang seimbang serta harmoni lalu lintas energi vital sesuai kaidah five element (teori lima unsur) sehingga gangguan kesehatan dapat diatasi.

Pengobatan akupunktur digunakan dengan menusukkan jarum pada titik-titik penting pada tubuh manusia. Salah satu contoh titik akupunktur yang paling sering diterapi adalah titik di antara ibu jari dan telunjuk, di sisi belakang tangan. Titik ini adalah meridian usus besar yang bisa berpengaruh di area tangan hingga wajah. Terapi pada titik ini akan membantu mengatasi sembelit dan penyakit pada usus lainnya. Selain itu, terapi di titik ini juga bisa membantu mengurangi rasa sakit, rasa seperti terbakar, dan juga demam terutama di area tenggorokan hingga kepala.

Titik-titik Akupuntur
Titik-titik Akupunktur

 

Check Also

Pembuktian Ilmiah Khasiat Garam Sebagai Penunjang Terapi Ruqyah

Sudah sering kita melihat atau mendapat saran dalam sebuah pengobatan terapi Ruqyah dengan memakai terapi ...

...