Home / Apotik Hidup / Asam Jawa, Obat Sariawan Sampai Atasi Diabetes

Asam Jawa, Obat Sariawan Sampai Atasi Diabetes

Asam jawa sangat dikenal oleh masyarakat kita. Selain kegunaannya sebagai bumbu masak dan bahan pembuat minuman segar, asam ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Asam jawa dengan nama latin Tamarindus indica ini dapat tumbuh subur di daerah dengan ketinggian 1000 m dpl.

Biji Asam jawa dilaporkan mampu menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk menjaga dan mengobati penderita diabetes. Biji asam jawa juga dilaporkan memiliki aktivitas antioksidan yang baik karena banyak mengandung senyawa golongan fenol. Biji asam jawa juga memiliki aktivitas anti bisa ular,memperbaiki kerja sel kulit. Selongsong biji asam jawa juga memiliki aktivitas antioksidan yang baik karena mengandung banyak senyawa polipenol dan juga memiliki sifat anti peradangan. Buah asam jawa mampu menurunkan kadar lemak dan kolesterol jika dikonsumsi serta memiliki efek pelangsing. Daun,buah dan bijinya yang tidak dipanggang mampu menjaga fungsi hati dan kerusakan oleh obat seperti parasetamol.

Daging buah asam jawa digunakan untuk aneka bahan masakan dan bumbu seperti bumbu sayur asam atau campuran rujak. Asam ini digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan.
Buah Asam jawa dijemur dalam tempat tertutup hingga keluar cairan cokelat kehitaman. Lalu cairan digunakan untuk mengobati sariawan.

Biji asam jawa ditumbuk lalu dicampur dengan air direbus. Air rebusan diminum untuk mengobati diabetes.

Kulit batang asam jawa dicampur dengan air digunakan untuk kumur-kumur pada penderita sariawan

Kulit batang asam jawa ditumbuk halus dibalurkan pada luka borok, bisul, atau ruam untuk mengobati luka bakar.

Daun muda asam jawa direbus lalu diminum untuk obat batuk dan demam.

 

 

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...