Home / Artikel Kesehatan / Ini Yang Terjadi jika Tubuh Kurang Minum Air

Ini Yang Terjadi jika Tubuh Kurang Minum Air

INI EFEK YANG SERIUS JIKA TUBUHMU KURANG MINUM

1. Kehilangan garam dan cairan tubuh
Kurang minum bisa membuat tubuh kekurangan garam dan cairan tubuh. Tubuh tak bisa berfungsi dengan baik tanpa kadar cairan dan garam esensial yang penting. Kekurangan garam dan cairan bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti mulut kering, mata kering, dan dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan fatal.

2. Peningkatan tekanan darah
Hipertensi sangat umum dialami oleh orang yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Ketika sel tubuh kekurangan air, tubuh akan memberikan sinyal pada otak untuk mengeluarkan zat kimia bernama vasopressin. Zat ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memicu tekanan darah tinggi.

3.Kelelahan
Dehidrasi dan kekurangan air bisa memicu rasa lelah. Ini karena jaringan dan sel dalam tubuh tak memiliki cukup cairan, kegiatan enzim pun melambat, dan mencegah tubuh memproduksi energi.

4. Masalah pencernaan dan konstipasi
Kurang air juga mengganggu sistem pencernaan dan bisa menyebabkan konstipasi. Air dibutuhkan tubuh untuk mengolah makanan yang masuk dan mengeluarkan makanan yang tak dapat dicerna. Kekurangan air bisa memicu penumpukan racun dalam tubuh dan konstipasi. Masalah lainnya yang bisa muncul adalah kembung, sakit perut, mual, dan kehilangan nafsu makan.

5. Penambahan berat badan
Banyak orang yang salah mengartikan rasa haus dengan lapar. Ini membuat mereka makan lebih banyak dan menyebabkan berat badan bertambah. Sisi lainnya, jika Anda memenuhi kebutuhan carian tubuh, metabolisme akan bekerja dengan maksimal dan membantu Anda menurunkan berat badan.

6. Infeksi saluran kemih
Kurang minum air juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih yang menyakitkan dan serius. Beberapa gejalanya seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, sakit punggung, urine berwarna gelap dan keruh, atau mengandung darah.

7. Kram otot
Kekurangan air bisa memicu kram. Kram bisa terjadi ketika kontraksi otot tak mendapatkan cukup air dan sodium di sekitarnya. Ini menyebabkan otot menjadi lebih sensitif dan mudah kram.

Parameter termudah adalah cek melalui urine
Air kencing Anda normal atau tidak? Bagaimana jika terlalu coklat? Bagaimana jika terlalu bening? Sehatkah? Ketahui jawabannya berikut ini dalam gambar,apakah konsumsi Air minumanda sudah tercukupi minimal 8 gelas sehari.
urine

 

 

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...