Home / Apotik Hidup / Jamur Kuping Lezat Dan Kaya Manfaat

Jamur Kuping Lezat Dan Kaya Manfaat

Paling seneng  kalau istri sudah mulai rajin masak, biasanya dia tahu kesukaan saya yaitu sayur sop. Tapi Saya agak nggak berselera dengan masakannya sopnya kali ini. Bukan nggak enak, tapi ada bahan yang nggak biasa yang dimasukin istri ke dalam sop yang bikin saya nggan menyendoknya ke piring makan saya. ” Ini Jamur Kuping Ayah…cobain deh enak kok! kayak makan ayam gitu. Lagian jamur kan sehat loh Yah buat badan kita.”Begitu katanya panjang lebar. Tapi setelah saya cicipi ternyata unik juga dan mulai saat itu saya suka sekali dengan sop jamur kuping itu.

Sebenarnya ntah saya yang katrok, atau apa…Jamur Kuping memang sudah biasa dihidangkan sebagai masakan. Saya baru manggut-manggut membenarkan perkataan istri bahwa jamur ini punya banyak manfaat. Nah, Anda ,mungkin sama dengan saya baru kenalan sama ini jamur, ada baiknya simak yang satu ini.

Jamur kuping sering digunakan sebagai campuran sup ini memiliki rasa yang cukup lezat. Tak heran menjadi jenis makanan yang digemari semua usia. Terlepas dari itu, jamur kuping sudah dikenal secara luas sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat sebagai obat dan penawar racun. Manfaat jamur kuping ini telah diketahui sejak ratusan tahun lalu oleh bangsa Tionghoa. Lendir yang dihasilkan jamur kuping selama dimasak dapat menjadi pengental. Lendir jamur kuping dapat menonaktifkan atau menetralkan kolesterol.

Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ketebalan, dan warnanya. Jamur kuping ang mempunyai bentuk tubuh buah kecil (sering disebut jamur kuping tikus) digemari oleh konsumen karena waranya lebih muda, dan rasanya sesuai dengan selera. Jamur kuping yang tubuh buahnya melebar (jamur kuping gajah) rasanya sedikit kenyal atau alot sehingga kurang disenangi karena harus diiris kecil-kecil bila akan dimasak. Jamur kuping selain untuk ramuan makanan juga unuk pengobatan yaitu untuk mengurangi panas dalam, dan juga mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.

Kandungan nutrisi jamur kuping sendiri terdiri kadar air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu dan nilai energi sebesar 351 kal. Kandungan lemak di dalam jamur, lebih dari 72% lemak dalam jamur ini termasuk unsaturated sehingga aman dan sehat jika dimakan. Vitamin di dalam jamur ini sendiri terdiri atas thiamine (vit. B-1), riboflavin (vit. B-2), niasin, biotin, vitamin C, dan sebagainya. Sedangkan, kandungan mineral jamur ini tersusun oleh K, P, Ca, Na, Mg, Cu, dan beberapa elemen mikro lainnya. Kandungan serat di dalam jamur berkisar antara 7,4-27,6%.[6] Jika jamur kuping dipanaskan, maka lendir yang dihasilkan memiliki khasiat antara lain :

* Penangkal / penonaktif racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bakhan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan.

* Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping, efektif untuk menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 – 90%. Berfungsi juga untuk antikoagulan.

* Lendir jamur kuping dapat meghambat dan mencegah penggumpalan darah.

Ini bonus resep Sop Jamur Kuping buat pembaca 🙂

SOP JAMUR KUPING ENAK

Bahan:
2 sendok teh margarine
1 cm jahe, dicincang
1 siung bawang putih
500 cc kaldu ayam
4 helai jamur kuping, direndam air panas, lalu dipotong-potong
100 gram daging ayam rebus, disuwir
150 gram caisim
1 sendok makan kecap asin
garam dan merica bubuk secukupnya
2 butir telur dikocok

Cara memasak sop jamur kuping:

– Panaskan margarine, tumis bawang putih dah jahe sampai harum.
– Masukkan tumisan ke dalam kaldu ayam, lalu didihkan.
– Masukkan berturut-turut, jamur, daging ayam, caisim, kecap, merica, garam dan ajinomoto.
– Masak sampai matang, lalu tuangkan telur kocok sambil diaduk supaya telur tidak menggumpal.
– Hidangkan sop jamur kuping selagi masih panas.

 

Check Also

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Pernah dengar akar pasak bumi? namanya agak aneh ya guys… semacam mensugesti seseorang untuk membayangkan ...

...