Home / Apotik Hidup / Jamur Ling zhi, Herbal Ajaib Untuk Jemput Kesembuhan

Jamur Ling zhi, Herbal Ajaib Untuk Jemput Kesembuhan

Orang-orang menjulukinya jamur seribu khasiat, menu para raja, hingga raja herbal yang ajaib. Itulah ling zhi ( ganoderma lucidum ). Jamur dari keluarga Ganoderma ini dikenal sebagai herbal nomor satu sejak 2400 tahun lalu. Jamur ini banyak tumbuh pada kayu lapuk atau pohon tumbang. Dibanding jamur kayu yang lain, tangkai jamur ling zhi relative pendek namun daging buahnya cukup lebar, apalagi ada yang meraih diameter 30 cm serta tidak tipis pada 2 sampai 3 cm. Namun macamnya cukup banyak, serta yang dikenal di indonesia biasanya berwarna coklat tua.

Tanaman type jamur ini sudah dikenal sebagai obat untuk beberapa bangsawan serta raja-raja china sejak tahun 400 sebelum saat masehi. Faedah jamur ini ternyata menempati nomer satu di antara type obat yang dipakai bagian kerajaan tersebut. Bahkan kini, ling zhi telah dikemas dalam bentuk kapsul, serbuk, rajangan, teh, hingga sirup.

Jamur lingzhi termasuk dalam kingdom Mycetes dan filum Basidomycetes. Menurut penelitian, jamur lingzhi memiliki banyak manfaat kesehatan seperti kemampuannya melawan dan menghancurkan bakteri berbahaya serta virus, sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada jaman Cina kuno, kaisar menghargai jamur lingzhi lebih dari emas. Pada waktu itu jamur lingzhi amat langka sehingga dari setiap 10.000 pohon akan dianggap beruntung jika dapat menemukan 3 sampai 4 lingzhi. Rakyat yang ketahuan mengonsumsi jamur lingzhi tanpa menawarkan kepada kaisar akan menghadapi risiko hukuman mati. Jamur lingzhi memiliki efek menenangkan untuk mengurangi keparahan berbagai macam penyakit.  Ling zhi yang berarti pohon kehidupan dalam bahasa Cina memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Senyawa aktifnya berkhasiat sebagai antidiabetes, antihipertensi, antialergi, antioksidan, anti-inflamasi, antihepatitis, analgesik, perlindungan terhadap liver, meningkatkan sistem imun, dan lain sebagainya.dapat digunakan untuk menenangkan saraf, mengurangi stres dan antiinsomnia.

Manfaat lainnya yaitu :

•Meningkatkan kebugaran tubuh
Para pakar Jepang telah meneliti manfaat jamur ling zhi melalui senyawa aktif yang dikandungnya. Ternyata, jamur ling zhi mengandung germanium organik. Senyawa ini mampu menyerap oksigen sehingga suplai oksigen di dalam darah meningkat 1,5 kali lipat.
Kandungan oksigen dalam darah inilah yang menyebabkan tubuh terlihat lebih segar, bugar dan awet muda. Manfaat jamur ling zhi ini melebihi khasiat ginseng 6 kali lipatnya.

• Mencegah dan Melawan Sel-sel Kanker
Racun dalam tubuh adalah lahan empuk bagi sel-sel kanker untuk tumbuh dan berkembang biak. Jamur Ling Zhi berkhasiat membersihkan racun dari dalam tubuh. Jika tubuh telah bersih dari racun, otomatis sel-sel kanker tidak akan mampu berkembang biak atau menyebar bahkan akan mati.

• Menormalkan Fungsi Tubuh yang Terganggu
Daya adaptogen jamur Ling Zhi mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau menormalkan kembali sel-sel yang tidak normal. Karena itu, jamur ling zhi dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kemampuannya memperbaiki organ-organ dalam tubuh sehingga dapat berfungsi normal kembali.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...