Home / Apotik Hidup / Khasiat Buah Merah Dari Papua

Khasiat Buah Merah Dari Papua

Buah Merah atau Pandanus conoideus Lam termasuk ke dalam keluarga pandan-pandanan. Tanaman ini merupakan tanaman endemik Papua yang banyak terdapat di pegunungan Jayawijaya, namun buah ini dapat ditemukan juga di dataran rendah. Masyarakat lokak papua menyebut tanaman ini dengan nama Kuansu. Tanaman ini menyerupai pandan dengan tinggi mencapai 16 m, dengan tinggi bebas cabang 5-8 m. Batangnya bercabang banyak, tegak bergetah dan berwarna cokelat bercak putih. Daunnya tunggal berbentuk lanset sungsang, berwarna hijau tua dan letaknya berseling.

Senyawa yang terkandung dalam tanaman ini adalah tokoferol, alfatokoferol dan betakaroten. Selain itu buah merah juga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang tingi. Buah merah juga mengandung asam oleat,asam linoleat, asam linolenat dan dekanoat.

Tokoferol, alfatokoferol dan betakaroten yang terkandung di dalam tanaman buah merah memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Senyawa antioksidan ini mampu menekan dan membunuh sel-sel kanker. Tokoferol yang merupakan vitamin E alami juga dapat berkhasiat bagi penderita stroke, yaitu sebagai pengencer darah, mencegah penggumpalan darah, memperbaiki sistem kerja jantung, dan menurunkan tekanan darah. Buah merah juga dapat digunakan untuk penyakit yang berhubungan daengan mata dan kulit, karena kandungan betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A ini berfungsi penting dalan hal epitelisasi kulit dan mata. Kalsium dan besi di dalam buah merah sangat tinggi dan bisa membantu mencegah dan mengobati osteoporosis.

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...