Home / Apotik Hidup / Khasiat dan Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

Mengkudu adalah pohon hijau kecil di Kepulauan Pasifik, Asia Tenggara, Australia, dan India yang sering tumbuh di antara aliran lava. Secara historis, mengkudu digunakan untuk membuat pewarna merah atau kuning untuk pakaian. Ini juga digunakan sebagai obat, biasanya diterapkan pada kulit. Dikenal di berbagai daerah dengan berbagai nama seperti (Basa Aceh: keumeudee, Jawa: pace, kemudu, kudu); cangkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi). Sedangkan nama ilmiahnya adalah Morinda citrifolia.

Saat ini, buah mengkudu, daun, bunga, batang, kulit kayu, dan akar masih digunakan membuat obat untuk sederet penyakit. Namun, efektivitas mengkudu belum terbukti. Sebuah studi terhadap ekstrak buah mengkudu kering yang dibekukan sedang berlangsung di The National Center for Complementary and Alternative Medicine, tetapi hasilnya belum dirilis. Sementara itu, FDA telah mengeluarkan beberapa peringatan kepada produsen mengkudu tentang klaim kesehatan yang tidak didukung oleh fakta.

Jus buah mengkudu digunakan untuk arthritis, diabetes, tekanan darah tinggi, nyeri otot dan nyeri, kesulitan menstruasi, sakit kepala, penyakit jantung, AIDS, kanker, ulkus lambung, keseleo, depresi, pikun, pencernaan yang buruk, aterosklerosis, masalah sirkulasi, dan obat kecanduan.

Sedangkan Daunnya telah digunakan sebagai obat untuk sakit rematik dan pembengkakan pada sendi, sakit perut, disentri, dan pembengkakan yang disebabkan oleh infeksi parasit yang disebut filariasis. Kulit telah digunakan dalam persiapan untuk membantu persalinan.

Mengkudu kadang-kadang juga diaplikasikan pada kulit. Yaitu digunakan sebagai pelembab dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Daunnya digunakan untuk arthritis dengan membalurkannya di sekitar sendi yang sakit. Untuk sakit kepala dengan mengoleskan ke dahi, dan untuk luka bakar, luka, diaplikasi langsung. Campuran daun dan buah diterapkan untuk mengobati bisul (abses), dan olahan dari akar digunakan sebagai salep cacar.

Bagaimana cara kerja Mengkudu sebagai obat?

Mengkudu mengandung banyak zat, termasuk potasium. Beberapa zat dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, dan aktivitas lainnya yang baikbagi pertahanan tubuh terhadap penyakit.

 

Sumber : webmd.com

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...