Home / Apotik Hidup / Khasiat dan Manfaat “Si Merah Delima”

Khasiat dan Manfaat “Si Merah Delima”

Delima dengan nama ilmiah Punica granatum sangat mudah ditemukan tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman yang memiliki biji berwana merah terang ini memiliki manfaat yang kaya bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi Delima

Selain kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya, berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima yang menjadikan buah ini sarat akan manfaat.

1. Zat Tanin Buah Delima Bermanfaat Bagi Pencernaan

Buah delima mengandung zat tanin yang tinggi, yaitu salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman yang merupakan salah satu komponen astrigen dengan kemampuan mengikat dan mengendapkan protein sehingga bisa diaplikasikan dalam pengobatan perdarahan (hemostatik), ulkus peptikum (luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari), wasir dan diare dengan cara menyusutkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang.

2. Zat Kalium Buah Delima Bermanfaat Bagi Jantung

Setiap 100 gram biji buah delima yang dapat langsung dimakan, mengandung kalium 259 mg/gr yang dianggap sebagai komponen penting bagi kesehatan jantung.

3. Zat Antioksidan Buah Delima Bermanfaat Bagi Sel-sel Dalam Tubuh

Buah delima memiliki kandungan antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan wine dan teh hijau dengan kandungan flavanoid yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memberikan perlindungan pada kulit. Sehingga tidak jarang buah delima menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit.

Secara empiris delima digunakan untuk mengobati diare dan penyakit yang berhubungan dengan mulut,gusi, dan gigi. Namun delima juga digunakan untuk menggugurkan kandungan atau sebagai kontrol kehamilan. Penelitian membuktikan bahwa delima berkhasiat sebagai antioksidan dan dapat mencegah kerusakan DNA. Elagitanin yang terdapat pada delima berkhasiat sebagai antidiabetes dan berpotensi sebagai anti kanker. Asam punisat yang terkandung di dalamnya juga telah diteliti dapat menghambat aktivitas sel pada sel kanker prostat dan antiandrogenik. Khasiat lainnya adalah sebagai antiinflamasi dan penyembuh luka, antiobesitas, antimalaria, dan antiplasmodia, antifungi terhadap candida albicans.

 

 

Check Also

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Pernah dengar akar pasak bumi? namanya agak aneh ya guys… semacam mensugesti seseorang untuk membayangkan ...

...