Home / Apotik Hidup / Khasiat Daun Salam Sebagai Obat Sakit Maag dan Kencing Manis

Khasiat Daun Salam Sebagai Obat Sakit Maag dan Kencing Manis

Bagi mereka yang hobi memasak pasti tahu dong dengan bumbu masak yang satu ini. Ya..dia adalah daun Salam. Beberapa masakan memang menggunakannya sebagai bumbu masak. Sebut saja soto, pepes, gule, dsb.

Tanaman dengan nama latin Syzygium polyanthum  ini memiliki banyak khasiat sebagai tanaman obat. Secara tradisional telah digunakan sebagai obat diare, sakit maag, diabetes, mabuk karena alkohol,kudis, dan gatal.

Khasiat Daun salam disebabkan karena tanaman ini  memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6-B9. Selain kandungan vitamin dan mineral, daun salam juga mengandung beberapa antioksidan dan senyawa kimia seperti pinene, limonene, neral, serta catechin yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh.

Cara penggunaan Salam sebagai obat

* Obat Sakit maag

Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

* Mabuk akibat alkohol

Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbukbsampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.

* Penyakit Kulit, Kudis, gatal

Ambillah daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.

* Obat diare

Caranya: ambillah kurang lebih 15 daun salam yang masih segar. Lalu rebus lah daun tersebut ke dalam air yang mendidih maksimal 2 gelas banyaknya air. Kemudian beri garam secukupnya setelah melakukan semua cara di atas, tunggu air tersebut sampai dingin, setelah dingin minum air tersebut secara teratur untuk diare anda.

* Kencing manis

Ambil kurang lebih 15 lembar salam dan cucilah sampai bersih. Kemudian rebus lah daun tersebut dengan menggunakan air sebanyak maksimal 3 gelas dan tunggulah sampai mendidih, ketika air tersebut mendidih secara otomatis air tersebut akan berkurang. Lalu tunggulah rebusan air tadi sampai dingin, setelah dingin minumlah air rebusan tersebut. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, buat dan minumlah air tersebut secara teratur dan rutin.

 

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...