Home / Apotik Hidup / Khasiat Enceng Gondok Sebagai Obat Bisul dan Kencing Tidak Lancar

Khasiat Enceng Gondok Sebagai Obat Bisul dan Kencing Tidak Lancar

Tanaman Eceng Gondok ( Eichhornia crassipes) pernah punya sejarah kelam di Indonesia karena dianggap tanaman yang merusak yang menyebabkan pendangkalan perairan dan juga dianggap tanaman pengganggu bagi pertanian.  Dulu sebelum eecng gondok dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan, orang berusahan membasmi eceng gondok dengan berbagai cara namun tanaman ini begitu bandel dan tidak juga hilang atau musnah.

Kabar baru yang cukup menggembirakan adalah bahwa tanaman enceng gondok memiliki senyawa kimia penting hingga mampu menyembuhkan berbagai penyakit.
Kandungan Enceng Gondok :
Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan banyak lagi.
Pada akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan buunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan seluruh kandungan kimia yang ada itu, enceng gondok dapat menyembuhkan tenggorokan terasa panas, kencing tidak lancar, biduran dan bisul. Kandungan senyawa penting tadi terdapat diseluruh organ tanaman dari akar samapai daun ddapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Bahkan bunganya yang menawan juga bagus dijadikan bahan obat tradisional.

Eceng gondok berguna untuk mengobati bisul, abses, kencing tidak lancar, sakit tenggorokan, dan biduran.

Untuk mengobati  bisul dan abses Seluruh bagian tumbuhan secukupnya ditumbuk sampai lumat. Tambahkan sedikit garam, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

Sedangkan untuk mengobati kencing tidak lancar dan biduran. Batang enceng gondok segar direbus, kemudian air rebusannya di dinginkan kemudian diminum.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...