Home / Apotik Hidup / Khasiat Jambu Monyet Yang Tidak Ada Monyetnya

Khasiat Jambu Monyet Yang Tidak Ada Monyetnya

Jambu Monyet atau Jambu Mete sudah demikian luas dikenal oleh masyarakat kita. Kalau saya dan teman-teman paling doyan makan buah ini dengan bumbu rujak manis. Wah, sedap nian rasanya. Rasanya memang unik buah jambu yang satu ini, sepet, kecut manis menjadi komposisi yang segar kalau dicolek ke sambel rujak yang padas.  “Jangan makan monyetnya Bro!” Begitu kelakar kawan-kawan saya bila sedang makan Jambu Monyet yang nggak ada monyetnya ini.

Jambu Monyet (Anacardium Occidentale) atau biasa kita sebut dengan Jambu Mete/Mede merupakan tanaman buah yang umumnya dimanfaatkan buahnya untuk diolah menjadi bahan makanan ringan yang unik dan bercita rasa tinggi. Ya, jambu monyet merupakan sumber panganan terkenal di Indonesia, yaitu kacang mete/mede.

Selain bijinya, kayu pohon Jambu Monyet juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, peralatan rumah tangga dan kerajinan tangan. Daun mudanya dapat dijadikan lalapan (baik mentah maupun dikukus terlebih dahulu). Buah semu nya juga dapat langsung dimakan sebagai bahan rujak atau minuman. Kulit bijinya juga dapat diolah menjadi bahan pelumas, insektisida, pernis, dan plastik. Namun, kita harus berhati-hati dengan cairan kulit bijinya, karena mengandung Cashew Nut Shell Liquid (CNSL), dimana kulit kita akan mengalamai pembengkakan serta peradangan bila terkena getah kulit bijinya tersebut.

Meskipun saat ini sudah jarang kita temui buah jambu monyet ini, namun rupanya jambu monyet ini menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan kita. Berikut beberapa Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan yang sempat saya rangkum dari beberapa sumber.

Diabetes mellitus
Bahan: 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya. Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2  liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Disentri
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet. Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Radang mulut
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet. Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Jambu Monyet menyimpang beragam kandungan kimia yang terdapat dalam buahnya, kandungan kimia yang tersimpan dalam Jambu monyet (ANACARDIUM OCCIDENTALE) antara lain : tanim, anacardic acid dan cardol, yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik. Selain itu daun jambu monyet yang masih muda juga mempunyai komposisi kandungan kimia seperti vitamin A sebesar 2689 SI per 100 gram, vitamin C sebesar 65 gram per 100 gram, kalori 73 gram per 100 gram, protein 4,6 gram per 100 gram, lemak 0,5 gram per 100 gram, hidrat arang 16,3 gram per 100 gram, kalsium 33 miligram per 100 gram, fosfor 64 miligram per 100 gram, besi 8,9 miligram dan air 78 gram per 100 gram.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...