Home / Apotik Hidup / Khasiat Luar Biasa Lengkuas Merah

Khasiat Luar Biasa Lengkuas Merah

Lengkuas merah (Alpinia purpurata K.Schum) merupakan jemnis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun rendah. Batangnya terdiri dari susunan pelepah daun. Daunnya bulat panjang, dimana daun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja, sedangkan bagian atas lengkap dengan helaian daun. Bunganya muncul pada ujung tumbuhan. Lengkuas merah memiliki rimpang yang berwarna merah dan lebih besar ketimbang lengkuas berimpang putih.

Efek farmakologi tanaman tersebut umumnya diperoleh dari rimpang yang mengandung basonin, eugenol, galangan,alpinen, kamfer, methyl cinnamatae galangol, dan senyawa flavonoid.

Rimpang lengkuas merah bisa digunakan mengatasi gangguan perut (mual,dan kembung), keputihan, masuk angin,diare, pereda kejang dan untuk mengatasi ejakulasi dini, serta mempunyai potensi menghambat mikroba penyakit kulit.

Cara penggunaan Lengkuas merah untuk pengobatan

1. Aneka penyakit kulit seperti kudis, koreng dan borok

Rimpang lengkuas merah ditambah bawang putih sebanyak 4 kali rimpang ditumbuk halus hingga menjadi pasta, tempelkan pasta tersebut pada  tempat yang sakit.

2. Obat tetes telinga

Rimpang muda ditumbuk dan diperas airnya, air perasan diteteskan pada telinga yang sakit.

3. Obat gosok, pelancar kemih dan obat penguat empedu

Rimpang diirsi-iris masukkan ke dalam alkohol 70%, digunakan sebagai obat gosok

4. Afrodisiak/ meningkatkan gairah seks

2 rimpang lengkuas merah, 2 rimpang jahe merah, tambah bubuk merica hitam 4g. Rebus dengan 4 gelas air jadikan 3 gelas. Diminum 3 kali sehari. Dapat ditambah madu.

5. Diare

rimpang lengkuas merah diparut, tambah 1/2 cangkir air matang. Tambah 1 sdm madu. Diminum

 

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...