Home / Artikel Kesehatan / Lancarkan Sembelit Tanpa Obat-Obatan

Lancarkan Sembelit Tanpa Obat-Obatan

Rasanya sangat menyiksa bila menderita sembelit. Feses yang keras membuat sulit untuk dikeluarkan. Perut kembung, nyeri saat buang air besar dan sakit perut adalah keluhan yang sangat mengganggu saat mengalami sembelit atau konstipasi. Sembelit bisa disebabkan beberapa hal,misalnya kurang asupan serat dan cairan. Dapat juga disebabkan kurangnya berolah raga, dan konsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu.

Jangan buru-buru konsumsi obat pencahar yang memiliki efek samping yang tak sedikit saat mengalaminya. Cobalah hal-hal sederhana seperti berikut,yang dapat menanggulangi masalah sembelit secara alami.

1. Minyak Zaitun

Lancarkan Sembelit Tanpa Obat-ObatanTidak hanya digunakan untuk bahan memasak,minyak zaitun dapat mengatasi sembelit bahkan pada anak-anak sekalipun. Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin juga dapat mencegah terjadinya konstipasi/sembelit. Anda bisa meminum 1 sendok makan minyak zaitun di pagi hari saat perut kosong, maka kotoran yang menumpuk di usus akan mudah dikeluarkan karenanya.

 

 

2. Perasan Jeruk Lemon/Jeruk Nipis

Lancarkan Sembelit Tanpa Obat-ObatanCampurkan air perasan Jeruk Nipis/Lemon dengan 1 cangkir air hangat,lalu minum di pagi hari saat perut kosong.ini dapat membantu mengatasi sembelit anda.

 

 

 

 

3 Kopi

Lancarkan Sembelit Tanpa Obat-ObatanKafein adalah stimulan alami untuk sistem pencernaan, sehingga memanjakan diri dengan secangkir kopi tidak hanya membantu membuat Anda lebih semangat dan aktif bergerak, juga menstimulasi pencernaan Anda. cukup minum 1-2 cangkir kopi saja sehari, tapi pastikan tidak berlebihan, karena minum kopi terlalu banyak dapat mengakibatkan efek sebaliknya. Kopi adalah diuretik dan membuat Anda lebih sering buang air kecil, dan jika Anda meminumnya kelebihan, dapat menyebabkan sembelit akibat tubuh mengalami dehidrasi.

4. Pencernaan Butuh Bakteri

Lancarkan Sembelit Tanpa Obat-ObatanDalam Usus perlu keseimbangan flora yang sehat ini sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan kita agar dapat bekerja dengan baik, terutama di saat sembelit,  ketika perut kita semakin dijejali dengan segala macam gula olahan dan makanan olahan yang kurang baik bagi pencernaan, tubuh perlu konsumsi Yoghurt untuk menjaga tumbuhnya bakteri baik dalam tubuh kita agar kuat dan berlimpah yang akan membantu mencegah sembelit, konsumsilah Yoghurt untuk mengatasii sembelit.

 

 

 

5. Lidah Buaya

Lancarkan Sembelit Tanpa Obat-ObatanAloe atau lidah buaya  bermanfaat tidak hanya untuk kulit saja, Aloe dikenal sebagai obat  luka ringan dan luka bakar, tetapi juga dapat membantu pencernaan Anda. Jika konstipasi sedang melanda Anda, Anda bisa menggunakan daging lidah buaya yang di-jus untuk diminum, atau dapat pula mencampurkannya dengan jus buah kesukaan Anda.

 

 

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...