Home / Artikel Kesehatan / Legakan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Legakan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Saat perubahan musim seperti ini biasanya flu  menjadi penyakit langganan yang menghinggapi masyarakat. Bila sudah terjangkit penyakit ini maka berbagai keluhan pun mulai berdatangan. Salah satu keluhan yang sangat mengganggu adalah pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Tentu saja karena pilek kita jadi kesulitan bernapas. Tidur pun jadi tak nyenyak.

Jika ini sedang Anda alami,mungkin tips berikut dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi gejala hidung tersumbat yang mengganggu.

Gunakan humidifier atau vaporizer

Legakan Hidung Tersumbat Tanpa ObatMengalami pilek atau flu dapat membuat Anda saluran pernapasan Anda terasa kering, begitu banyak orang beralih ke humidifier atau vaporizer untuk meringankan gejalahidung yang tersumbat. “Kelembaban ekstra pada udara sekitar yang dihasilkan humidifier dapat memberikan banyak bantuan,” kata Stringer. Humidifier membantu melegalan hidung yang tersumbat dengan menambahkan kelembaban ke udara, yang membantu untuk mengencerkan lendir di hidung Anda.

Membilas hidung dengan larutan air garam

Legakan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

“Mencoba metode yang menggunakan air garam untuk membilas hidung adalah cara yang baik untuk memulai mengurangi keluhan hidung mampet,” kata Dr Stringer. Untuk melakukan pengobatan alami ini caranya adalah dengan mengisi neti pot/ ceret kecil dengan larutan garam yang terbuat dari air hangat dan garam, kemudian masukkan mulut ceret ke dalam salah satu lubang hidung  Anda sambil memiringkan kepala ke sisi lain, sehingga larutan tadi kemudian keluar dari lubang hidung lainnya. Ketika membuat larutan garam, gunakanlah garam bermutu baik.

Jangan khawatir karena cara ini telah digunakan selama berabad-abad oleh praktisi yoga dan pengobatan ayurvedic di India, disebutkan irigasi hidung adalah cara yang ringan dan efektif untuk membersihkan saluran hidung dari lendir dan alergi.

Banyak mengkonsumsi cairan agar tubuh tetap terhidrasi

Legakan Hidung Tersumbat Tanpa ObatSaat menderita flu dan hidung tersumbat sebaiknya perbanyak mengonsumsi air atau cairan, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa orang merasa dengan meminum minuman hangat bisa membantu meringankan hidung mampet. Hal ini masuk akal saja seperti yang disebutkan dalam studi yang dipublikasikan dalam The Journal Rhinology, peneliti membagi sekelompok orang dengan gejala pilek dan flu dan memberikan setengah dari mereka minuman dengan suhu ruang dan setengah lainnya diberikan minuman hangat. Menariknya, tidak ada perbaikan yang terukur terhadap keluhan hidung tersumbat dalam kelompok pertama, tetapi kelompok yang minum minuman hangat melaporkan merasakan bantuan yang lebih besar meringankan gejala pilek mereka. Para peneliti juga berspekulasi bahwa selain efek plasebo, rasa minuman panas juga memberikan kontribusi terhadap respon baik: minuman Dipanaskan memiliki rasa yang lebih intens, yang merangsang aliran air liur dan lendir,sehingga membuat saluran hidung lebih nyaman.

Cobalah meminum secangkir teh kamomil, atau teh mint. Atau Anda juga bisa menyantap hidangan sup hangat yang dapat memberikan kenyamanan pada tubuh terutama meringankan gejala hidung tersumbat.

Cobalah herbal mint dan minyak kayu putih

Legakan Hidung Tersumbat Tanpa ObatBeberapa herbal, terutama mentol dan minyak kayu putih, juga dapat membantu meringankan hidung tersumbat. Menthol, turunan dari minyak peppermint, dapat ditemukan dalam inhaller dan balsam. “Menthol tidak benar-benar mengurangi hidung buntu,” kata Stringer. “Sebaliknya, merangsang reseptor saraf di hidung, yang membuat hidung terasa seperti lebih banyak udara , dan sering dianggap sebagai udara dingin. Namun, tidak ada efek nyata pada hidung buntu atau jumlah udara yang bergerak melalui hidung. “Namun, produk mentol adalah pilihan yang baik untuk mencoba ketika mencari bantuan jangka pendek dari keluhan hidung mampet.
Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat membantu melonggarkan pernapasan dari lendir. Cobalah uap minyak kayu putih: Ambil semangkuk air hangat yang masih beruap, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Hirup uap selama sekitar 10 menit,sambil menutup kepala dengan handuk agar uap tidak kemana-mana.

 

Check Also

6 Cara Mencerahkan Kulit Gelap Di Bagian Pribadi Anda Secara Alami

Perawatan tubuh tidak hanya melibatkan bagian-bagian tubuh Anda yang terlihat tetapi juga bagian pribadi Anda. ...

...