Home / Apotik Hidup / Lenglengan Obati Insomnia sampai Penyakit Epilepsi

Lenglengan Obati Insomnia sampai Penyakit Epilepsi

Lenglengan dengan nama latin Leucas lavandulifolia Smith  dikenal dengan berbagai nama di pelosok Indonesia. Misalnya paci-paci (sunda), sarap nornor (madura), daun setan (jawa) dan larang (tidore). Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai dataran tinggi.

Tanaman ini memiliki kandungan senyawa kimia diantaranya adalah citral, citronelal, linalool, linail, asetat, borneol, dab b-sitosterol yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan prostat dan kandung kemih.

Lenglengan juga diketahui dapat mengobati insomnia,sakit kepala, influenza, batuk, batukrejan, difteri, jantung berdebar, melancarkan datang bulan, gangguan pencernaan,cacingan, diabetes, kejang, ayan,. Berdasarkan penelitian diketahui lenglengan berpotensi sebagai antioksidan, melindungi lambung, dan memiliki aktivitas hipoglikemia segingga dapat digunakan pada pengobatan diabetes.

* Untuk mengobati sulit tidur

15 gr daun segar direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, dinginkan, saring, diajdiakn 2 bagian. Diminum pagi dan sore masing-masing satu bagian.

* Epilepsi

Segenggam daun segar rebus dengan 3 gelas air, sampai tersisa setengahnya.Dinginkan, saring diminum dengan air gula secukupnya, sehari 3 kali 1/2 gelas.

* Batuk rejan

1 batang tanaman berikut akrnya rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa1 1/2 gelas air rebusan. Dinginkan, saring, minum dengan air gula secukupnya, 3 kali sehari  1/2 gelas.

* Sakit kepala

Segenggam daun segar digiling halus tambahkan 1 cangkir air. Dipakai untuk mengompres kepala dengan handuk kecil yang dibasahi dengan ramuan tadi 3 kali sehari.

 

 

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...