Home / Apotik Hidup / Manggis Si Hitam Manis Yang Kaya Manfaat

Manggis Si Hitam Manis Yang Kaya Manfaat

Manggis atau dalam bahasa ilmiah disebut sebagai Garcinia mangostana L, adalah tanaman dari hutan tropis di kawasan asia tenggara, yaitu hutan belantara malaysia atau Indonesia. Tanaman ini memiliki komponen aktif utama yaitu Xanthone. Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya.Yang paling banyak terkandung dalam buah manggis kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Kulit buah manggis mengandung pektin dan betalain yang memberi warna merah pada kulitnya. Selain itu manggis mengandung senyawa lain seperti katekin, polisakarida, kuinon, stilbenes dan polifenol, tanin serat kasar dan resin. Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin,niasin, dan folat.

Karena mengandung zat-zat yang baik bagi kesehatan manusia maka inilah beberapa khasiat yang dapat kita petik dari tanaman manggis ini :

Senyawa katekin pada manggis memiliki kemampuan lima kali lebih kuat sebagai antioksidan dibanding vitamin C, Polisakaridanya ampuh sebagai antikanker dan antibakteri dengan memblokir kemampuan sel bermutasi yang menempel pada sel-sel sehat untuk membantu menghentikan penyebaran kanker dan secara khusus efektif terhadap bakteri intraselular. Senyawa Quinones untuk antibakteri dan stilbenes merupakan antioksidan yang kuat. Polifenolyang ditemukan jauh lebih kuat sebagai antioksidan dari pada vitamin E,yang dianggap sebagai salah satu antioksidan yang dikenal paling kuat. Khasiat lain adalah sebagai obat mag ,sakit perut, usus, antidepresi,mencegah kegelisahan, panik dan cemas.  Mencegah Alzheimeria,kanker dan tumor,mempertahankann sistem kekebalan tubuh, antipenuaan,antioksidan ,membuang racun dalam badan, membunuh kuman antibiotik, anti infeksi dan anti jamur,menyeimbangkan kolesterol, anti arteroschlerosis,menjaga kesehatan jantung,menurunkan tekanan darah,antidiabetes, antiobesitas, mencegah sakit tulang dan tulang rapuh,mencegah gusi berdarah, alergi, batu karang, mengobati demam, mencegah diare,obat saraf parkinson,vertigo,sakit mata dan katarak.

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...