Home / Artikel Kesehatan / Membaca Sakit Anda lewat Lidah

Membaca Sakit Anda lewat Lidah

Ternyata memperhatikan Kondisi lidah sangat penting karena banyak manfaatnya:
Tujuannya adalah untuk menentukan jenis serta sifat penyakit dengan cara memperhatikan keadaan:
1. Otot lidah : warna, bentuk dan gerakan
2. Selaput lidah : warna, tebal/tipis, bersih/kotor dan basah/kering

Warna otot lidah
Warna lidah normal adalah merah muda, sedang warna patologis yang sering kita observasi adalah pucat, merah, merah tua, merah keunguan dan biru.
> Pucat
Lidah yang pucat dapat menunjukkan defisiensi darah., lidah biasanya terlalu basah, dan agak bengkak, karena defisiensi ini bisa mengakibatkann terhambatnya proses transformasi dan transportasi cairan tubuh. Pada defisiensi darah, lidah pucat dan agak kering. Kalau kepucatan terutama terjadi pada sisi lidah, atau dalam kasus yang berat, agak jingga, maka berarti bahwa terjadi defisiensi darah hati
> Merah
Warna merah pada lidah selalu menadakan adanya panas. Warna merah pada ujung lidah menandakan panas dalam jantung. Bila keadaan ini disertai dengan adanya selaput lidah, maka keadaannya adalah panas shi sedang bila tidak dijumpai selaput lidah menunjukkan adanya panas. Dalam keadaan parah, ujung lidah bengkak & terdapat bintik-bintik merah.
Jika warna merah itu terdapat pada sisi lidah menunjukkan adanya api dalam hati atau panas dalam kandung empedu. Bintik-bintik merah yang terlihat pada lidah merah biasanya disebabkan karena papila lidah yang menonjol, membesar, atau membengkak, dan terlihat sebagai bercak-bercak merah pada lidah. Ini semua merupakan tanda adanya panas dalam tubuh penderita.
> Merah tua
Warna ini lebih gelap dari warna merah, dan seperti halnya warna merah pada lidah, warna merah tua juga menunjukkan adanya panas, akan tetapi keadaan penderita sudah lebih parah.
> Ungu
Warna ungu selalu menunjukkan adanya darah statis. Warna yang dimaksud di sini ada dua macam, yaitu merah ungu atau biru ungu. Merah ungu adalah kelanjutan lidah merah dan berarti adanya panas dan darah statis. Biru ungu adalah kelanjutan lidah pucat, dan berarti adanya dingin dan statis darah pada penderita.
> Biru
Arti dari lidah yang biru sama dengan lidah biru keunguan, yaitu adanya dingin di dalam tubuh yang mengakibatkan darah statis.

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...