Home / Wanita / Merawat Rambut Berminyak Secara Alami

Merawat Rambut Berminyak Secara Alami

Rambut berminyak merupakan kendala berarti, karena bisa mengakibatkan timbulnya ketombe pada kulit kepala. Tidak hanya itu, rambut yang beminyak akan membuat tampilan rambut menjadi lepek sehingga terkesan tidak terawat. Kadar minyak pada rambut sangat membuat tidak nyaman, terlebih bagi Anda yang sering beraktifitas diluaran karena sering terkena debu dan polusi.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemiliki rambut berminyak agar rambbut dan kulit kepala tetap sehat dan terasa segar sepanjang hari, diantaranya :

1. Keramas secara rutin minimal 2 hari sekali

Jika Anda adalah orang yang sering melakukan banyak aktivitas di luar ruangan dan sering berkeringat maka keramaslah 1 kali dalam sehari. Perhatikan jenis shampoo yang Anda gunakan. Jangan memilih shampoo karena banya yang harum atau harganya yang murah. Jika perlu, Anda dapat mengkonsultasikan dengan pakar rambut untuk mengetahui produk shampoo apa yang tepat untuk Anda gunakan demi kesehatan rambut. Pilihlah shampoo yang menggunakan bahan alami.

2. Makan makanan yang bergizi

Kesehatan rambut juga bisa dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan jenis makanan dan pola makan Anda. Kurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung minyak dengan tujuan untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut.

3. Menggunakan jeruk nipis setelah keramas

Jeruk nipis adalah bahan alami yang baik untuk perawatan rambut karena dapat mengurangi minyak pada rambut dan kulit kepala. Caranya, gunakan air perasan jeruk nipis setiap habis keramas sebagai pemberi nutrisi atau untuk pengganti kondisioner.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh menyehatkan kulit kepala dan menyehatkan rambut. Caranya, Anda dapat menggosokkan lidah buaya secara rutin pada rambut dan kulit kepala untuk hasil yang maksimal karena lidah buaya banyak mengandung vitamin didalamnya seperti vitamin A, B, C dan E.

5. Minyak jojoba

Rambut berminyak dan terlalu lepek dapat menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Minyak jojoba dapat Anda gunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut yaitu melindungi rambut dari masalah kerontokan.

Check Also

3 Resep Masker Alami Dari Madu Untuk Menghilangkan Jerawat, Memutihkan Dan Mengencangkan Wajah

Madu dan Madu! Ya, memangnya siapa yang tak tahu dahsyatnya pengobatan dengan Madu? Selain madu ...

...