Home / Apotik Hidup / Obati Kanker Dengan Tanaman Cakar Ayam

Obati Kanker Dengan Tanaman Cakar Ayam

Sesuai dengan namanya,Tanaman Cakar Ayam yang memiliki nama latin Selaginella doederleinii Hieron memang memiliki daun yang berbentuk seperti cakar ayam, namun di beberapa daerah tanaman ini juga disebut dengan rumput solo, cemara kipas gunung (jawa), paku rane (sunda), menter (jakarta) dan sebagainya. Tanaman ini biasanya terdapat di tepi-tepi sungai, batu-batuan basah, atau dinding tebing atau jurang basah dengan hawa dingin dan tempat yang teduh.

Cakar ayam mengandung alkaloid, saponin danfitosterol. Selain itu cakar ayam juga diketahui mengandung alkaloid glikosida, lignan, fenilpropanon, dan biflavonoid.

Cakar Ayam diketahui berkhasiat untuk menurunkan panas dan lembab, melancarkan aliran darah, antitoksik,menghentikan pendarahan, mengobati koreng dan mengurangi bengkak, serta mengobati penyakit yang berhubungan dengan saluran nafas seperti, batuk, infeksi saluran nafas, radang paru dan tonsilitis. bahkan berpotensi sebagai antikanker pada kanker tenggorokan. Selain itu cakar ayam juga berkhasiat untuk mengobati hepatitis, infeksi saluran kencing, perut busung, keputihan, dan patah tulang. Tanaman ini juga memiliki aktivitas antioksidan. Seluruh bagian tanaman cakar ayam dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, seperti pengobatan rematik dan diare.

Cara penggunaan Cakar Ayam sebagai obat tradisional

1. Kanker

60 g cakar ayam kering direbus 3-4 jam dengan api kecil. Air rebusan diminum setelah dingin.

2. Batuk, radang paru, radang tenggorokan, radang amandel

30 g cakar ayam kering direbus, dan air rebusan diminum sesudah dingin.

3. Patah tulang

15-30 g cakar ayam segar direbus dan air rebusannya diminum. Jikapatah tulang tertutup, bisa      digunakan untuk pengobatan luar, dengan melumatkan cakar ayam dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

 

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...