Home / Artikel Kesehatan / Operasi Pembesaran Payudara Sebabkan Kegagalan Memberikan ASI?

Operasi Pembesaran Payudara Sebabkan Kegagalan Memberikan ASI?

Satu dari lima wanita yang menjalani pembesaran payudara mungkin di kemudian hari tidak mampu atau enggan menyusui bayi mereka, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Medical Journal of Australia.

Para peneliti dari Kolling Institute dan University of Sydney, yang dipimpin oleh Associate Professor Christine Roberts menemukan bahwa, sejumlah 378 .389 orang wanita yang melahirkan di New South Wales antara Januari 2006 dan Desember 2011, 892 pernah menjalani pembesaran payudara sebelumnya. Dari mereka itu, sekitar 79% (705 orang wanita) mampu memberikan ASI kepada bayi mereka sepulang dari rumah sakit, dibandingkan dengan 89% dari wanita yang tidak menjalani pembesaran payudara.

“Namun, di antara perempuan yang memberikan ASI, wanita yang telah menjalani pembesaran payudara tidak lagi atau kurang menyusui secara eksklusif pada bayi mereka”, tulis mereka.

Rate pembesaran payudara semakin meningkat di Australia, dengan 8000 wanita yang menjalani prosedur ini pada tahun 2011. “Temuan ini menggaris bawahi pentingnya mengetahui, mendukung dan mendorong semua wanita yang rentan terhadap kemungkinan menyusui lebih sedikit pada bayinya”, tulis para peneliti.

Meskipun mungkin mekanisme yang terlibat dalam penurunan pemberian ASI setelah pembesaran payudara tetap “tidak jelas”, faktor yang mempengaruhi kemauan menyusui dapat terjadi karena “perempuan dengan implan payudara mungkin takut mengontaminasi ASI-nya dengan silikon atau bahan implan payudara lainnya”. Namun, penelitian menyelidiki wanita yang memiliki implan payudara silikon, dan bayi ASI mereka, belum terbukti memberikan dampak buruk.

“Mereka juga mungkin takut, atau telah diberitahu oleh dokter bedah mereka, menyusui dapat menggagalkan hasil pembesaran payudara sehingga kurang memuaskan.”

“Penjelasan lain adalah bahwa saluran laktiferus, jaringan kelenjar atau saraf payudara rusak selama operasi, atau oleh tekanan dari implan pada jaringan payudara.

“Selain itu, komplikasi dari operasi termasuk contracture kapsuler, pembentukan hematoma, infeksi atau nyeri dapat mengurangi kemampuan atau keinginan untuk menyusui.”

Roberts dan rekannya menyimpulkan bahwa temuan mereka bahwa satu dari lima wanita tidak mampu atau tidak mau menyusui setelah menjalani pembesaran payudara”harus menjadi informasi yang dapat menjadi pertimbangan untuk para wanita yang memutuskan ingin menjalani operasi pembesaran payudara”.

Sumber : medicalnewstoday.com

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...