Home / Apotik Hidup / Pegagan Obat Paling Ampuh Obati Luka

Pegagan Obat Paling Ampuh Obati Luka

Pegagan juga disebut tapakdara karena daunnya mirip tapak kaki kuda. Tanaman dengan nama latin Centella quatica ini biasa dikenal sebagai pegagan,ada juga yang menyebutnya antanan (sunda),pacul goang (jateng),regedeg (jogja), dan dogauke (papua).

Pegagan memiliki kandungan asiaticoside,thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, madasiatic acid, mesoinositol, centelloside, carotenoids, hydrocrotylin, vellarine,tanin, serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Senyawa glikosida triterpenoida yang disebut asiaticosidemerupakan anti lepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang terdapat dalam tanaman ini memberikan rasa pahit.

Pegagan atau tapak kuda memiliki khasiat sebagai antiinfeksi,antitoksik, penurun panas, peluruh kemih,penenang dan tonik. Tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional mengobati demam, bronkhitis, flekparu, asma, batuk darah, meningkatkan daya ingat, mengatasi pembengkakan liver, hipertensi, obat asam urat, infeksi saluran kemih,prostat, wasir, jerawat,campak dan lepra.

Tanaman ini memiliki efek antidemam, antiinflamasi, antibiotik, antidiuretik, dan leratolitik. Bahkan kemampuan antibiotik dan antiinflamasinya tergolong tinggi hingga berguna pula sebaggai antibakteri. Tidak heran jika pegagan efektif mengatasi peradangan jaringan tubuh. Mulai dari luka, lepra, radang tenggorok, radang lambung hingga disentri. Karena sifat antiinflamasinya itulah pegagan mulai dilirik sebagai bahan obat pembuat salep luka, seperti salep Medicazol. Bahkan salep ini sangat akrab dikenaloleh para dokter bedah di berbagai rumah sakit.

Cara pemakaian Pegagan sebagai obat :
1. Demam: Tumbuk pegagan segar satu genggam (30-60 gr), tambahkan air lalu diperasa dan disaring. Boleh ditambah garam sedikit. Minum dalam keadaan perut kosong, 3 kali/hari.
2. Rejuvenasi dan insomnia: Minum campuran jus pegagan dari 30-60 gram daun segar yang ditumbuk, diperas, dan dicampur dengan susu.
3. Kesehatan umum: Rebus pegagan kering 1/2 sdt atau segar: 30-60 gram dengan beberapa iris jahe, tambahkan gula merah atau madu secukupnya.
4. Wasir dan konstipasi: Minum air rebusan 30-60 gram pegagan segar pegagan yang dicampur dengan beberapa siung bawang merah.
5. Kesehatan otak, menenangkan masalah mental dan epilepsi: Minum campuran bubuk pegagan dengan susu.
6. Sariawan di mulut: Tumbuk daun pegagan sampai halus, lalu tempelkan di tempat yang luka. Bisa juga bisa minum rebusan daun pegagan.
7. Menjernihkan suara: Kunyahlah pegagan dan telan sarinya.
8. Cacingan: Seduh 1/2 sdt. pegagan kering dengan air mendidih selama 20 menit, minum teh pegagan hangat-hangat.
9. Menaikkan stamina dan panjang umur: Tumbuk segenggam daun pegagan bersama kunyit. Peras dan saring airnya, kemudian dicampur madu dan kuning telur ayam kampung.
10. Anti batuk dan asma: Sering makan lalapan daun pegagan sebagai sayur lalap.
11. Eksim, kurap: Tumbuk daun pegagan dan tempelkan di tempat yang kena eksim.
12. Flu: Minum air rebusan pegagan segar (30-60 gr segar) yang telah dicampur dengan beberapa iris jahe.
13. Menetralkan kadar gula dan tekanan darah: Rebus 30-60 gram herba pegagan segar atau 1/2 sdt pegagan kering dan minum air rebusannya.
14. Sinusitis: Minum air rebusan 30-60 gr pegagan segar yang direbus dengan tiga gelas hingga menjadi satu gelas, serta ditambah sedikit merica.

 

Check Also

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Pernah dengar akar pasak bumi? namanya agak aneh ya guys… semacam mensugesti seseorang untuk membayangkan ...

...