Home / Apotik Hidup / Pepaya Buah Rakyat Kaya Manfaat

Pepaya Buah Rakyat Kaya Manfaat

Pepaya menyandang nama ilmiah Carica papaya, jenis tumbuhan jenis genus yang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis. Diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Serikat bagian utara, penyebaran sudah mencakup seluruh dunia.

Bagi Anda yang suka menyantap buah pepaya, ada baiknya mengetahui keistimewaan buah yang satu ini agar keyakinan Anda untuk mengonsumsinya kian bertambah. Seandainya Anda jarang memakan pepaya. Maka untuk Andalah artikel ini dibuat agar Anda tergerak untuk mencicipi dan menyukainya. Nah, inilah beberapa hal penting tentang pepaya yang bisa membuat Anda ‘jatuh cinta’ padanya.

Kandungan nutrisi buah pepaya

Pepaya rendah mengandung lemak dan 0 kolesterol, namun kaya dengan beragam nutrisi yang sangat dubutuhkan oleh tubuh setiap hari. Pepaya mengandung Carbohydrates (9.81g), serta serat 1.80 g atau 4.5% dari total kebutuhan harian disarankan.

Pepaya mengandung beberapa vitamin b kompleks dalam jumlah yang baik, seperti folat, Niacin, Pantothenic acid, Pyridoxine, Riboflavin , serta Thiamin. Vitamin penting lain yang bisa diperoleh dari pepaya adalah Vitamin A , Vitamin C , Vitamin E , dan Vitamin K . Pepaya juga mengandung elektrolit dengan jumlah yang cukup baik, yaitu kalium serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, pospor, dan zinc,. Fitonutrisi penting yang ditemukan dalam pepaya yaitu betakaroten (276 µg) , Beta Crypto-xanthin (761 µg) dan Lutein-zeaxanthin (75 µg).
Papain

Pepaya ditemukan mengandung senyawa kimia yang disebut Papain. Papain ini  biasanya digunakan tubuh untuk membantu pencernaan, tepatnya dapat mempromosikan pencernaan protein lengkap. Papain lebih menguntungkan karena ia bekerja di berbagai tingkat pH, sementara enzim pencernaan yang diproduksi oleh tubuh memerlukan tingkat keasaman tertentu agar bisa membantu.

1. Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Mata

Buah pepaya mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang efektif untuk kesehatan, salah satunya untuk mata. Kandungan vitamin A dalam pepaya mampu menjaga dan memperbaiki mata dari rabun jauh atau penyakit katarak pada orang tua.

2. Manfaat Pepaya untuk Melancarkan Pencernaan

Daun dari pepaya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Ini karena daun pepaya sendiri mempunyai zat yang efektif untuk membunuh mikrorgnisme yang sering mengganggu sistem pencernaan.

3. Manfaat Pepaya Untuk Mengurangi Risiko Kanker

Mencegah lebih baik dari mengobati, itulah pepatah yang sering kita dengar. Memang benar mengobati kanker tidaklah mudah, butuh beberapa tahun untuk sembuh. Tetapi mencegah kanker salah satunya dengan mengkonsumsi pepaya. Ini karena pepaya sendiri mengandung antioksidan, likopen, betakaroten, karotaneid, yang ampuh sekali untuk mencegah atau mengurangi risiko kanker.

4. Manfaat Pepaya Untuk Menambah Nafsu Makan

Jika anak Anda memiliki nafsu makan yang kurang, alangkah baiknya dengan mencoba alternatif dengan daun pepaya. Caranya ambil daun pepaya yang ukurannya besar setelah itu cuci bersih, tambahkanlah garam dan air secangkir, lalu blender. Saring airnya, nah itulah yang bisa di manfaat sebagai solusi untuk menambah nafsu makan anak Anda.

5. Manfaat Pepaya untuk Mengobati Cacingan

Selain buah dan daunnya di jadikan sebagai obat herbal. Akar pepaya pun ampuh untuk mengobati cacingan terutama pada anak. Caranya ambil 1 jari akar pepaya tambahkan 2 siung bawang putih. rebus keduanya dalam 100ml air. minum air tersebut dua kali sehari.

6. Manfaat Pepaya untuk Menghilangkan Jerawat

Bagi sebagian orang jerawat merupakan penghalang atau dapat mengurangi rasa percaya diri saat bergaul dengan teman dan beraktifitas. Salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan jerawat agar PD Anda kembali adalah dengan daun pepaya. Caranya ambil 2-3 lembar daun pepaya tua, kemudian jemur setelah kering tumbuh halus, tambahkan 1 setengah sendok air, setelah itu oleskan sebagai masker ke muka.

7. Manfaat Pepaya Untuk Mengatasi Nyeri Haid

Nenek moyang dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengatasi nyeri haid. Caranya ambil 1 lembar daun pepaya, lalu tambahkan asam jawa dan garam, masukan tiga jenis benda tadi ke dalam satu gelas dengan menambahkan air hangat, biarkan hingga dingin, setelah itu minum ramuan tersebut.

Check Also

6 Cara Mencerahkan Kulit Gelap Di Bagian Pribadi Anda Secara Alami

Perawatan tubuh tidak hanya melibatkan bagian-bagian tubuh Anda yang terlihat tetapi juga bagian pribadi Anda. ...

...