Home / Artikel Kesehatan / Resep Obat Batuk Anak Tanpa Bahan Kimia

Resep Obat Batuk Anak Tanpa Bahan Kimia

Sedih ya, kalau melihat anak batuk tak kunjung sembuh. Apalagi kalau tidurnya sampai terganggu. Sebagai orangtua, Anda tentu saja harus mengambil jalan yang tepat untuk mengatasinya, jangan biarkan anak Anda menderita karena penyakit ini. Namun kini para orangtua kebanyakan mengambil jalan pintas memberikan obat berbahan kimia kepada anak-anak mereka, padahal bahan alami yang murah dan mudah ditemukan disekitar sebenarnya jauh lebih aman dan atak kalah ampuh untuk menyembuhkan batuk yang diderita si kecil. Apa saja obat alami tersebut? Ini dia…

1. Jeruk nipis

Khasiat jeruk nipis dalam menyembuhkan batuk sudah terbukti ampuh. Bahan herbal ini sudah banyak digunakan orang untuk mengobati batuk berdahak. Caranya, peras jeruk nipis dan ambil airnya. Campur air perasan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Untuk Anda yang tidak menyukai kecap, bisa juga ditambahkan madu pada air perasan jeruk tersebut. Minumlah ramuan alami ini setidaknya 2-3 kali sehari. Cara lain yang dapat diterapkan untuk mengobati batuk dengan jeruk nipis yaitu dengan mencampur jeruk nipis dengan kapur sirih dan gula. Caranya dengan membelah jeruk nipis jadi dua bagian, pada sisi yang terbelah dibalur dengan kapur sirih dan diamkan sejenak. Bakarlah kulit luar jeruk sampai mengeluarkan buih. Kemudian peras jeruk dan ambil airnya. Tambahkan gula batu secukupnya dan minum ramuan tersebut.

2. Jahe dan kencur

Obat batuk herbal untuk anak 1 tahun ini mudah untuk dibuat, caranya yaitu siapkan jahe dan kencur. Masing-masing ukurannya yaitu sekitar 1 cm, memarkan dan kemudian direbus menggunakan air 1 gelas. Setelah itu, tunggu sampai air yang tersisa tinggal setengahnya, tambahkan juga perasan 1 buah jeruk nipis dan juga 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan angkat, saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga terasa hangat. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat herbal batuk yang dialami buah hati Anda. Jika dirasa ramuan ini seperti jamu, Anda juga dapat menambahkan sedikit gula pasir.

3. Bunga Belimbing Wuluh

Segenggam bunga belimbing wuluh direbus dgn 1 gelas air, hingga sisa setengahnya saja, saring stlh dingin diminumkan pada penderita.

4. Minyak Telon

Untuk mengurangi batuk yang di derita bayi di bawah 6 bulan, sebaiknya gunakanlah minyak telon untuk meredakan batuk-batuk yang dideritanya. Atau jika minyak telon tidak ada, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih. usapkanlah minyak tersebut pada dada dan lehernya, namun perlu di ingat jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya, sebab akan menimbulkan rasa panas

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...