Home / Apotik Hidup / Sembuhkan Eksim Dengan Herbal Mimba

Sembuhkan Eksim Dengan Herbal Mimba

Mimba atau Aadirachta indica Juss atau juga dikenal sebagai imba (jawa), intaran (bali), dan Neem tree (inggris) adalah tanaman yang dapat tubuh hingga ketinggian 8-15 m. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa -senyawa diantaranya golongan triterpenoid glukosamina yang bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunostimulan).

Biasa untuk pengobatan secara tradisional bagian tanaman yang digunakan adalah daunnya. Di masyarakat mimba digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya daunnya digunakan untuk penambah nafsu makan, untuk menanggulangi disentri, borok,malaria,antibakteri,. Minyaknya untukmengatasi eksim,kepala kotor, kudis, cacing, menghambat perkembangan dan pertumbuhan kuman. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri lambung,penguat, penurun demam,. Buah dan getah digunakan sebagai penguat. Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai ekspektoran, antidiabetes, antihipertensi, dan mengatasi gangguan otot dan sendi. Selain itu hasil penelitian juga membuktikan mimba berkhasiat sebagai antivirus terhadap virus polio, imunostimulan, serta kardioprotektor.

Untuk menanggulangi disentri dapat digunakan sepertiga genggam daun mimba,2jari batang mimba dicuci, dipotong-potong lalu direbus dengan 3 gelas air hingga sisa 3/4 nya. Didinginkan,saring untukdiminum 2 kali sehari.

Sedangkan untukmengobati eksim dapat menggunakan 20 lembar daun mimba dicuci lalu digiling halus, diremas dengan air kapur sirih seperlunya lalu ditempelkan pada kulit yang sakit,dibalut,dilakukan 2 kali sehari.

 

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...