Home / Apotik Hidup / Srikaya Manfaat dan Khasiatnya Sebagai Obat Alamiah

Srikaya Manfaat dan Khasiatnya Sebagai Obat Alamiah

Siapa yang suka dengan buah Srikaya? Buah Srikaya memang unik, rasanya manis,bijinya banyak,bukan banyak tapi buaaanyak! Hehehe. Memang kalau makan buah ini harus ekstra telaten,karena biji dari buah srikaya sangat banyak. Tapi sebanding dengan rasanya yang manis dan enak.

Khasiat Tanaman Srikaya

Srikaya terutama daun dan bijinya dapat digunakan dalam pengobatan secara tradisional. Diantara khasiatnya adalah sebagai astringen,antiradang,peluruh cacing, serta mempercepat pematangan bisul. Biji berkhasiat memacu enzim pencernaan, peluruh cacing, dan pembunuh serangga. Kulit kayu berkhasiat sebagai astringen, dan tonikum.

Buah muda dan juga biji berkhasiat anti parasit. Berdasarkan dari penelitian daun srikaya mempunyai efek antifertilitas dan embriotoksik pada tikus betina, serta berpengaruh pada daya reproduksi Sitophillus ori zae. Senyawa insektisida yang terdapat yang terdapat dalam biji srikaya mempunyai daya bunuh ektoparasit. Tetrahidroisokinolin mempunyai aktivitas kardiotonik. Higenamin berinteraksi dengan adrenoreseptor,menghasilkan aktivitas inotropik positif pada ototjantung. Senyawa poliketida dan bistetrahidrofuran mempunyai efek antitumor.

Senyawa-senyawa  yang terkandung dalam srikaya juga memiliki aktivitas sitotoksik,inhibitor agregasi platelet,inhibitor replikasi HIV,agen antidiabetes (antihiperglikemik) dan antioksidan,pestisida,serta dapat digunakan sebagai terapi Neiseria Gonorrhea.

Penggunaan Srikaya sebagai ramuan obat :

Mematikan kutu rambut

Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

Mematangkan bisul

Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

Borok dan bisul

Cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2–3 kali.

Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris

Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Cacingan pada anak

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

Gangguan pencernaan

Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

Kudis

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

Check Also

Campuran Minyak Zaitun Dan Bawang Putih Atasi Varises

Apakah anda merasa terganggu dengan memiliki beberapa penampakan varises sekarang di kaki, tangan maupun bagian ...

...