Home / Artikel Kesehatan / Yang Manis-Manis Untuk Penderita Diabetes

Yang Manis-Manis Untuk Penderita Diabetes

Anda mengenal diabetes mellitus?  Saya yakin jawabnya Ya, penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang muncul akibat kelebihan kadar gula darah dalam tubuh. Sebisa mungkin penderita diabetes mellitus harus menghindari makanan-makanan yang manis. Beberapa makanan manis yang harus dihindari oleh penderita diabetes mellitus adalah makanan yang mengandung gula pasir, gula merah, madu atau makanan apapun yang terdapat rasa manis di dalamnya.
Merepotkan memang, tapi jangan khawatir makanan manis berikut justru dianjurkan untuk penderita diabetes. Apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini.

Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Dengan rasanya yang manis dan sedikit asam, jeruk sangat baik untuk mencegah diabetes. Selain bisa mengurangi risiko diabetes, vitamin dalam jeruk juga membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk juga tinggi serat yang membuat pencernaan lambat menyerap gula.

Apel

Apel  memiliki kandungan tinggi serat, vitamin C dan juga antioksidan. Apel juga mengandung pektin yang ditemukan pada kulit dan pulpa. Pektin membantu untuk detoksifikasi tubuh, menghilangkan produk limbah yang berbahaya. Pektin juga mengandung asam galacturonic yang telah terbukti untuk menurunkan kebutuhan insulin penderita diabetes hingga 35%. Buah Apel memiliki  indeks glikemik yang rendah berada pada peringkat 38.

Jambu biji

Jambu biji tidak memiliki kadar gula yang tinggi namun kaya nutrisi serat, sehingga sangat baik mencegah diabetes. Bahkan jambu biji aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena rendah gula, membantu mengurangi penyerapan gula dan kaya vitamin C yang dapat mengurangi kerusakan sel karena diabetes.

Ceri

Ceri memiliki salah satu peringkat terendah indeks glikemik berada pada nomber 22. Ceri mengandung antioksidan, beta karoten, vitamin C, kalium, magnesium, besi, serat dan juga folat. Ceri juga mengandung anthocyanin, bahan kimia alami yang bertanggung jawab untuk pewarna merah tua  pada buah. Anthocyanin membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin hingga 50%.

Manggis

Buah manggis merupakan buah yang cukup banyak ditemui di Indonesia dan memiliki rasa manis asam yang segar. Bukan hanya buahnya saja yang kaya antioksidan dan bisa mencegah diabetes, kulitnya bahkan memiliki antioksidan yang bisa mencegah tumbuhnya sel kanker. Rebus kulitnya dan minum sehari sekali untuk mencegah diabetes, kanker dan kelebihan berat badan.

Buah Berry

Semua jenis berry memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dikarenakan kandungan tinggi serat, vitamin C, asam folat dan fitokimia. Berry adalah buah terendah karbohidrat dan rendah indeks glikemik daripada semua buah-buahan lainnya. Berry membantu pencernaan dan penyerapan sukrosa yang  membantu mengontrol kadar gula darah.

Kiwi

Buah kiwi dapat membantu mencegah asma, obesitas, kanker usus besar, penyakit jantung dan melindungi DNA dari mutasi. Buah kiwi mengandung vitamin C, E dan A, flavonoid dan berbagai mineral. Bahkan, buah kiwi mengandung vitamin C yang lebih banyak dari jeruk, dan juga kandungan kalium yang lebih dari pisang. Vitamin dalam buah kiwi memberikan perlindungan radikal bebas meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Buah kiwi juga  adalah buah yang mengandung tinggi serat yang membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolesterol.

Pir

Pir mengandung serat, vitamin A, B1, B2, C, E, asam folat, niasin, tembaga, fosfor, kalium, kalsium, besi dan magnesium. Pir memiliki peringkat 38 pada indeks glikemik. Pir Cina memiliki sifat yang paling baik, tetapi semua pir membantu penderita diabetes meningkatkan kadar gula darah. Pir membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memiliki sifat antioksidan.

 

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...