Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Zaitun Buah yang Diberkahi

Khasiat Zaitun Buah yang Diberkahi

Secara tradisional, buah zaitun telah dipandang sebagai makanan yang sangat sehat. Selain memberikan energi, Zaitun terdiri dari sejumlah besar antioksidan, mineral, phyto-sterol, dan vitamin yang dihasilkan dari tanaman ini.

Zaitun adalah sumber kalori yang cukup. 100 g buah zaitun menyediakan hanya 115 kalori. Kandungan kalorinya kebanyakan berasal dari lemak. Meskipun demikian,kandungan lemaknya adalah lemak sehat dalam bentuk asam lemak tak jenuh mono-(MUFA) seperti asam oleat (18: 1) dan asam palmitoleic (16: 1) yang membantu menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dan meningkatkan HDL atau “kolesterol baik” dalam darah. Studi penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania, yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat.

Buah zaitun mengandung senyawa fenolik tyrosol seperti oleuropein dan oleocanthal. Senyawa ini bertanggung jawab atas rasa pahit dan pedas nya. Oleocanthal, oleuropein, dan hidroksitirosol turunannya adalah anti-oksidan alami yang paling kuat. Bersama dengan vitamin E dan karotenoid, mereka memainkan peran penting melawan kanker, peradangan, penyakit arteri koroner, penyakit saraf degeneratif, diabetes, dll.

Studi menunjukkan bahwa oleocanthal memiliki kegiatan anti-inflamasi seperti ibuprofen (NSAID). Diet Mediterania yang menggunakan zaitun dan minyaknya mungkin bertanggung jawab sebagian untuk insiden lebih rendah dari penyakit arteri koroner.

Zaitun segar mengandung  sejumlah vitamin E. 100 g yang baik untuk kesembuhan, dan buah zaitun kaleng menyediakan 1,65 mg (11% dari RDA) dari α-tokoferol. Vitamin E merupakan antioksidan larut lemak yang kuat, diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal berbahaya bebas oksigen.

Selain itu, buah-buahan mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, tembaga, besi, mangan, dan seng. Selanjutnya, zaitun adalah sumber  vitamin B kompleks seperti niasin, kolin, dan asam pantotenat.

Minyak zaitun dinyatakan diakui sebagai salah satu minyak nabati paling sehat karena mengandung lebih sedikit lemak jenuh, dan composes linoleat (omega-6) dan asam linolenat (omega-3) asam lemak esensial pada rasio yang dianjurkan 8:1.

Berikut beberapa manfaat buah zaitun :

Mencegah penuaan dini
Sifat anti oksidan yang ada di dalam buah zaitun selain untuk mencegah kanker juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit Anda.

Menyehatkan pencernaan
Buah zaitun memiliki beberapa manfaat untuk menyehatkan pencernaan sebab buah zaitun mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas penyebab masalah pencernaan.

Mencegah penyakit jantung
Buah zaitun baik untuk kesehatan jantung sebab buah zaitun mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Mengurangi resiko diabetes
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah zaitun akan mengurangi resiko Anda terkena penyakit diabetes.

Memperbaiki penglihatan
Karena sifat anti oksidan yang ada di dalam buah zaitun, maka buah zaitun penting untuk meningkatkan penglihatan Anda.

Mencegah asma
Vitamin C yang terkandung di dalam buah zaitun mampu membantu Anda untuk terhindar dari asma

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...