Home / Apotik Hidup / 5 Manfaat Pepaya untuk Kulit

5 Manfaat Pepaya untuk Kulit

Pepaya adalah jenis tanaman buah ini sangat banyak dipelihara. Pohon pepaya sering sekali kita jumpai disetiap pekarangan rumah warga di Indonesia. Buah pepaya yang enak dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda sampai yang sudah matang, dapat dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera. Dibalik itu semua, pepaya memang baik dikonsumsi karena khasiatnya juga berlimpah.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Satu buah pepaya dengan ukuran sedang, mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari manfaat vitamin C dan satu buah pepaya, memberikan 224% dari kebutuhan harian. Kandungan pepaya lainnya terdiri dari :

folat
vitamin A
magnesium
tembaga
asam pantotenat
fiber.3
vitamin B
alfa
beta karoten
lutein
zeaxanthan
vitamin E
kalsium
kalium
vitamin K
lycopene

1.Mencerahkan dan memutihkan kulit

Salah satu manfaat kecantikan yang paling besar dan bermanfaat buah pepaya dalah mencerahkan warna kulit Anda. dimana dalam zat pepaya Mengandung sifat pemutihan alami.

Selain itu, sifat pembersihan yang membantu membersihkan kulit dari kotoran. Vitamin C di dalamnya juga membantu melindungi sel-sel kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari.
caranya mudah
tempelkan sepotong irisan tipis pepaya matang pada wajah, leher, tangan dan kaki. Biarkan hingga kering,dan meresapdalam tubuh, lalu cuci dengan air dingin. Lakukan ini 3 atau 4 kali seminggu.
cara lainnya adalah dengan menjadikan masker wajah dengan mencampurkan ½ cangkir tumbukan pepaya matang dan campur jus 1 jeruk nipis. lakukan Pijatan dengan campuran masker tadi di seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lakukan ini setidaknya sekali seminggu.

2.DeHidrasi Kulit (kulit kering)
Pepaya kaya akan kandungan air yang sangat bermanfaat membantu menjaga agar kulit halus, lembut dan lembab. Pepaya jika diracik dengan benar, dapat digunakan sebagai masker wajah yang sangat bagus untuk melembabkan kulit Anda.
caranya
Blender ½ cangkir pepaya matang menjadi pasta halus. dapat ditambahkan madu asli sedikit. Oleskan pasta tadi keseluruh wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan hati-hati dengan air dingin dan tepuk kulit kering Anda.
Sertakan pepaya matang dalam diet Anda. Anda dapat menikmati buah ini dengan buah lain seperti semangka dan mentimun untuk membuat segar kulit anda

3.Membantu menghilangkan kerutan wajah /penuaan

Vitamin A dalam pepaya membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit lembut dan kenyal. Asam alpha hydroxyl di dalamnya membantu melarutkan sel-sel kulit mati untuk mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus. Vitamin C dan E dalam pepaya meremajakan kulit Anda untuk membantu Anda menikmati kulit tampak lebih muda.

Benar-benar hancurkan ½ cangkir pepaya masak.
Campuran dalam beberapa tetes madu mentah dan 1 sendok makan susu.
Oleskan pada wajah dan leher.
Memungkinkan untuk duduk selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.
Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Juga, makan pepaya setiap hari untuk menunda penuaan.

4. Mengobati Jerawat dan mencegah terjadinya jerawat

Enzim papain dalam pepaya memiliki sifat membersihkan kulit yang membantu menyingkirkan pori-pori tersumbat. Ini membantu mencegah jerawat. Selain itu, efek exfoliating pepaya menghilangkan sel-sel kulit mati dengan mengangkatnya keluar.

Ekstrak jus dari buah pepaya mentah . Oleskan jus pada kulit yang terkena dengan menggunakan bola kapas. biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan obat ini sekali sehari untuk menyingkirkan jerawat .
Anda juga dapat hanya menggosok sepotong pepaya mentah lembut pada kulit yang terkena selama 10 menit. Kemudian, mencucinya dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

Untuk mencegah jerawat dan noda, masukkan pepaya dalam diet Anda.

5.menghilangkan noda bintik dan flek hitam di wajah

Pepaya juga bermanfaat untuk menghilangkan bintik-bintik kulit/noda hitamdi wajah akibat jerawat kulit Anda karena pepaya mempunyai beberapa enzim yang dikandungnya sangat membantu mengobati hal tersebut diantaranya mengobati bintik-bintik hitam, bintik-bintik jerawat, bintik-bintik coklat ,serta siku dan lutut yang gelap. Selain itu, pepaya membantu regenerasi sel kulit mati anda

Masih ragu ? lakukan saja dan buktikan..

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...