Home / Apotik Hidup / Akar Kuning Obat Alami Sakit Kuning

Akar Kuning Obat Alami Sakit Kuning

Akar kuning adalah tumbuhan liana, tumbuh merambat pada batang pohon lain disekitarnya. Tumbuhan ini meiliki batang berwarna kuning di bagian dalamnya. Daun akar kuning keabu-abuan di bagian bawahnya. Dalam beberapa literatur tanaman akar kuning ini disebut juga Arcangelisia, namun juga dikenal sebagai Coscinium fenestratum, kedua spesies tersebut memiliki kesaman morfologi yang tinggi.

Penelitian yang dilakukan pada akar kuning memiliki aktivitas sebagai hepatoprotektor, inilah yang menyebabkan akar kuning dapat digunakan sebagai obat hepatitis atau sakit kuning. Cara meramu akar muning sebagai obat sakit kuning adalah sepotong akr kuning dibersihkan lalu direbus dengan satu gelas air hingga air rebusan menjadi kuning. Minum air rebusan 2-3 kali sehari untuk pengobatan, dan 1 kali sehari sebagai tindakan perawatan. Akar kuning dapat direbus berulang-ulang hingga warna kuningnya hilang.

Selain untuk melindungi fungsi hati ternyata akar kuning juga berkhasiat sebagai obat antimalaria, anti jamur, antioksidan, dan memiliki efek sitotoksik (senyawa yang dapat membunuh ataupun merusak sel-sel pengganda seperti sel tumor dan kanker). Secara empiris akar kuning dapat digunakan untuk mengobati kanker, malaria dan penyakit liver atau hepatitis.

Check Also

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Mengenal Khasiat Akar Pasak Bumi

Pernah dengar akar pasak bumi? namanya agak aneh ya guys… semacam mensugesti seseorang untuk membayangkan ...

...