Home / Apotik Hidup / Alang-Alang Tanaman Liar Berkhasiat

Alang-Alang Tanaman Liar Berkhasiat

Siapa sangka jika tanaman Alang-alang yang biasanya akan dibabat habis bila terlihat tumbuh di pekarangan atau di ladang merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat. Betapa mudah dan dekat obat itu dengan kita, hingga kita tidak menyadari bahwa tanaman alang-alang bisa dibuat obat.

Imperata cylindrical pada umumnya tumbuh liar di hutan, ladang, lapangan berumput dan pada tepi jalan. Rasa akar alang-alang manis dan sejuk, masuk meridian paru-paru, lambung,dan kandung kemih. Tanaman ini memiliki sifat onik, pereda demam, pel;uruh kencing, menyejukkan darah untuk menghentikan pendarahan, dan menghilangkan rasa haus. Tunas muda bisa dimakan dan berkhasiat peluruh kencing.

Sebagai obat minum akar alang-alang dapat direbus, bila menggunakan bahan kering 15-30g, bila menggunakan yang masih segar maka sekitar 30-60g jumlahnya. Sedangkan bunganya dapat digunakan sebanyak 5-10g, tunas muda 5-10g. Bisa juga akar ditumbuk, dan diperas airnya, atau yang kering ditumbuk jadi serbuk.

Sebagai obat luar, bulir bunga berikut tangkainya digiling halus dan dibubuhkan pada luka atau disumbatkan pada hidung untuk menghentikan pendarahan.

 

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...