Home / Artikel Kesehatan / Bagaimana Mendapatkan Gigi Kuat dan Gusi yang sehat

Bagaimana Mendapatkan Gigi Kuat dan Gusi yang sehat

Bagaimana Mendapatkan Gigi Kuat dan Gusi yang sehat

Kesehatan gigi dan gusi tidak hanya memberikan senyum yang indah, tetapi juga menunjukkan kesehatan mulut yang baik dan kebersihan yang memainkan peran yang sangat penting dalam hidup Anda.

Sangat baik sekali jika kita rajin menjaga kebersihan mulut membantu mencegah gigi berlubang dan gigi bernoda atau menguning, serta bau mulut. Hal ini penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan juga.

Studi menunjukkan bahwa selain masalah mulut, bakteri mulut dan peradangan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya, termasuk penyakit jantung, stroke, sindrom iritasi usus, penyakit ginjal, diabetes dan kanker mulut. Wanita dengan penyakit mulut juga menunjukkan insiden yang lebih tinggi dari pra-istilah, bayi berat lahir rendah.

Selain itu, penyakit gusi, sakit gigi atau masalah mulut lainnya dapat mempengaruhi orang secara psikologis. Kesehatan gigi dan gusi memiliki pengaruh langsung pada bagaimana Anda melihatnya, berbicara, mengunyah dan rasa makanan.

Ia bahkan bisa membuat beberapa orang menghindar dari bersosialisasi. Juga, perawatan gigi yang mahal dan kesehatan mulut yang baik dapat membantu Anda menghemat ratusan dolar.

Untungnya, ada cara sederhana untuk menjaga gigi dan gusi yang kuat dan sehat sejak kecil hingga usia tua. Untuk kesehatan mulut yang baik, langkah pertama adalah untuk menjaga kebersihan mulut yang tepat.

Ini berarti menyikat gigi minimal dua kali sehari, flossing sekali atau dua kali sehari (sebaiknya setelah makan malam), membilas mulut Anda setelah setiap makan dan menggunakan obat kumur setidaknya sekali sehari.

mempertahankan gigi yang kuat dan gusi

Berikut adalah 10 cara untuk mendapatkan gigi dan gusi yang kuat.
1. Minyak Menarik

Minyak menarik, juga dikenal sebagai mendesir minyak, merupakan praktek kuno yang digunakan dalam Ayurveda yang membantu memperkuat gigi, gusi dan rahang sementara mencegah kerusakan gigi. Ini membantu menarik keluar bakteri dari mulut, membuat gusi Anda sehat dan cerah gigi Anda.

Menurut sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Journal of India Dental Research, minyak menarik dengan manfaat minyak wijen dalam pengobatan radang gusi plak-induced.

Selain itu, minyak menarik mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh, yang baik untuk kesehatan mulut serta keseluruhan.

Masukan 1 sendok makan minyak wijen di mulut Anda.
Lembut desir selama sekitar 20 menit.
Meludahkannya. Hindari berkumur atau menelan minyak.
Bilas mulut Anda dengan air hangat. Gunakan air garam untuk menambahkan manfaat antimikroba.
Sikat gigi Anda seperti biasa.
Lakukan ini setiap hari di pagi hari, pada waktu perut kosong.

Anda juga dapat melakukan minyak menarik dengan minyak kelapa.

Catatan: Jangan berkumur atau menelan minyak.
2. Kunyit

Kunyit mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan gusi dan gigi bebas dari infeksi bakteri.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of India Society of Periodontology menemukan kunyit obat kumur efektif dalam mengendalikan plak dan mencegah radang gusi.

Tambahkan sedikit air untuk ¼ sendok teh bubuk kunyit untuk membuat pasta. Sikat gigi Anda dengan itu, beberapa kali seminggu.
Atau, siapkan pasta dengan 1 sendok teh bubuk kunyit dan masing-masing garam dan minyak mustard ½ sendok teh. Pijat di gigi dan gusi sekali sehari.
Anda juga bisa merebus ½ sendok teh bubuk kunyit dalam 1 cangkir air, biarkan dingin dan menggunakannya sebagai obat kumur sekali sehari.

3. Jambu Daun

Menurut review penelitian yang diterbitkan dalam Farmakognosi Ulasan tahun 2014, daun jambu biji efektif dalam pengobatan penyakit periodontal.

Sebagai antiplaque baik, antimikroba, agen anti-inflamasi dan antioksidan, daun jambu biji membantu menjaga gigi dan gusi yang kuat.

Mereka juga membantu menjaga napas Anda segar dan bersih. Dukun sarankan menggunakan daun tender atau ranting pohon jambu lembut untuk menjaga kebersihan mulut.

Mengunyah jambu baik dicuci lembut beberapa daun bersih, lalu meludah mereka keluar.
Anda juga dapat menggiling beberapa daun jambu lembut dan menggunakannya sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi.
Pilihan lain adalah untuk mempersiapkan bilas mulut dengan merebus 4 sampai 6 daun jambu biji dalam 1 cangkir air selama sekitar 5 menit. Saring airnya dan biarkan dingin. Menggunakannya sebagai obat kumur setiap hari.

4. India Lilac

Lilac India, juga dikenal sebagai nimba, memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kesehatan mulut dengan mudah menghancurkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, plak, gingivitis dan penyakit gusi.

Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of India Society of Periodontology, peneliti menemukan nimba efektif untuk mengobati gingivitis plak-induced.

Menggiling 2 atau 3 daun nimba menjadi pasta. Gunakan pasta ini untuk menyikat gigi Anda beberapa kali seminggu.
Anda juga dapat menggosok jus dari daun nimba pada gigi dan gusi, memungkinkan untuk duduk selama 5 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari.
Anda bahkan dapat menggunakan ranting dari pohon neem untuk menyikat gigi.

5. Teh Hijau

Sebuah 2012 studi yang diterbitkan dalam Archives of Oral Biology menemukan teh hijau menjadi produk alami yang menjanjikan di kesehatan mulut.

Fluoride alami, polifenol katekin dan dalam teh hijau dapat menghancurkan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi, gigi berlubang dan penyakit gusi. Hal ini juga mencegah bau mulut.

Minum 3 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari. Untuk mempromosikan kesehatan mulut, minum teh hijau tanpa gula atau madu.
Anda bahkan bisa mengunyah permen karet tanpa gula dibuat dengan teh hijau.

6. Licorice

Menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam American Chemical Society Journal of Natural Products, akar licorice dapat membantu menjaga gigi dan gusi yang sehat.

Para ilmuwan melaporkan bahwa dua senyawa dominan di licorice, licoricidin dan licorisoflavan A, membantu membunuh bakteri utama yang bertanggung jawab untuk kerusakan gigi dan penyakit gusi, penyebab utama kehilangan gigi pada anak-anak dan orang dewasa.

Gunakan sedikit kering bubuk akar licorice untuk menyikat gigi secara teratur.
Anda juga dapat menggunakan licorice tongkat lembut seperti sikat gigi untuk menyikat gigi daily.Smiths Anda berarti Anda harus sedikit gula), untuk kedalaman rasa yang akan sate Anda lebih cepat.

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...