Home / Artikel Kesehatan / Bila Bayi Masih “Ngedot” Saat Tidur

Bila Bayi Masih “Ngedot” Saat Tidur

Kebanyakan bayi atau balita yang minum dari botol susunya juga “ngedot” atau minum susu dari botol saat ia tidur. Tapi, ini tidak baik jika dibiarkan. Ngedot sambil tidur dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan anak Anda.

Bila dot kurang baik, masalah muncul jika susu tetap keluar walaupun anak tidak menyedot, misalnya karena tertidur. Di sisi lain, saat anak tidur otot-ototnya menjadi rileks, termasuk otot yang menyusun saluran eustachius sehingga saluran tersebut terbuka. Nah, susu yang tetap keluar tadi bisa-bisa bukannya tertelan, namun masuk ke dalam saluran eustachius dan  memenuhi rongga pada telinga tengah. Hal ini mungkin terjadi, apalagi pada anak yang menyusu botol dalam keadaan berbaring.

Selain itu anak bisa mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang. Bila susu dibiarkan merendam gigi terlalu lama dan bertemu kuman, maka akan berubah menjadi asam. Asam tersebut akan merusak permukaan lapisan gigi anak, lalu gigi mengalami pengikisan dan berlubang. Kerusakan gigi paling sering terjadi di empat gigi paling depan atau biasa disebut gigi susu karena anak terbiasa menahan dot botol dengan giginya tersebut serta lidahnya.

Ngedot sambil tidur juga bisa membuat anak obesitas atau kegemukan.  Bayi yang tidur sambil ngedot atau minum susu dari botol berisiko 30 persen lebih tinggi mengalami obesitas pada usia 2 tahun. Selain itu, bayi juga diperkirakan akan mengalami masalah terkait pola makan dan nafsu makan saat dewasa.

Hal ini ditemukan oleh Ben Gibbs, profesor sosiologi di Brigham Young University. Menurut Gibbs, ini berarti bayi yang meminum susu formula saat tidur mengalami kesusahan untuk mengontrol nafsu makan mereka ketika beranjak dewasa.

Untuk mencegah hal-hal tersebut di atas, maka orangtua harus memperhatikan segala sesuatu dalam memberikan susu pada anaknya. Sebaiknya berikan ASI saja saat anak berusia 0-6 bulan, teruskan ASI sampai 2 tahun usia anak. Berbeda dengan botol susu, ASI bila akan berhenti mengeluarkan air susu jika tidak dihisap bayi.

Kalau terpaksa menggunakan botol susu, berikan botol susu yang bekerja menyerupai ASI. Jika Anak tertidur saat menyusu dari botol, tarik perlahan botol susu dari mulutnya, agar tidak terbiasa ngedot saat tidur.

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...