Home / Artikel Kesehatan / Buktikan Ternyata Biji Pepaya Berkhasiat Obat

Buktikan Ternyata Biji Pepaya Berkhasiat Obat

Buah Pepaya atau Kates adalah buah rakyat. Di pasar-pasar tradisional pepaya banyak dijual, rasanya tidak pernah saya lihat di pasar tidak ada penjual pepaya. Buahnya yang manis dan segar cocok dimakan saat cuaca panas. Buah Pepaya memiliki nilai gizi yang tinggi, termasuk kandungan vitamin C yang besar jumlahnya.

Biasanya jika ,mengupas Pepaya kita akan mengerok keluar dulu bijinya lalu dibuang. Tapi siapa sangka ternyata biji Pepaya memiliki khasiat kesehatan yang berguna bagi manusia. Biji Pepaya bisa digunakan sebagai obat secara tradisional.

Pada Biji buah Pepaya yang banyak itu mengandung alkaloid, steroid, tanin, dan juga minyak atsiri. Secara mendetil, kandungan biji tersebut berupa beberapa asal lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi. Asam tersebut adalah oleat dan asam palmiat. Selain itu, biji pepaya juga diketahui mengandung senyaw akimia golongan fenol, terpenoid juga saponin. Senyawa ini bersifat sitoksik, anti-androgen dan berefek estrogenik. Biji pepaya juga mengandung karbohidrat dalam jumlah kecil, air, abu, protein, dan juga lemak. Sementara itu, terkait manfaatnya sebagai penghitam rambut, terkait erat dengan kandungan senyawa Glucoside carcirindan di dalam biji pepaya itu sendiri.

Khasiat biji Pepaya adalah sebgai antibakteri. Penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa biji pepaya ternyata efektif membasmi E. coli, Salmonella, dan infeksi Staph. Biji Pepaya mempunyai aktifitas melindungi ginjal. Penelitian telah menemukan kalau dari ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun diinduksi gagal ginjal. Demikian juga dalam menghilangkan parasit usus. Ada bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus seperti cacing. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76,7% dari anak-anak yang menerima plasebo.

Biji Pepaya juga dapat membersihkan hati dari racun. Dalam pengobatan di Negara Cina diyakini kalo sesendok teh biji pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dalam pengobatan pada sirosis hati.

Nah, jangan buang biji pepaya ya kalau sedang makan pepaya. Biji pepaya dapat dibuat simplisia dengan mengeringkannya. Lalu setelah kering tumbuk halus. Jika akan menggunakannya seduh lah bubuk biji pepaya seperti menyeduh minuman kopi.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...