Home / Artikel Kesehatan / Cari Tahu Khasiat Minum Kopi Jahe

Cari Tahu Khasiat Minum Kopi Jahe

Saya sekeluarga adalah pecinta minuman kopi. Jadi kami sudah sangat akrab dengan yang namanya kopi ini. Saya suka dengan segala jenis kopi. Dari kopi tubruk sampai kopi instan, dari kopi hitam sampai yang pakai susu ataupun krimer, dari yang disajikan panas sampai dingin. Pokonya saya adalah pecinta kopi. Dari pengalaman saya meminum kopi yang paling unik adalah saat saya minum kopi jahe. Biasanya kalu saya minum kopi biasa selain dari kopi jahe, lambung saya akan bermasalah. Keluhan kembung sampai rasa perih di perut sering menghampiri setelah meminum kopi. Namun, bila saya meminum kopi jahe keluhan itu tidak datang. Perut justru terasa nyaman. Wah, aneh juga saya pikir, lalu mulailah saya mencari tahu khasiat dari kopi dan jahe ini di internet. Salah satu buku yang saya baca untuk mengetahui khasiat dari kedua bahan ini adalah “Sehat Alami Dengan Herbal, 250 Tanaman Berkhasiat Obat” Terbitan Gramedia . Berikut ringkasannya.

Khasiat Minum Kopi

Biji kopi memiliki banyak manfaat antara lain sebagai penambah energi, menjaga mood bahkan dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Manfaat sehat meminum kopi untuk tubuh kita bisa kita peroleh dengan konsumsi 2-3 cangkir kopi sehari. Untuk konsumsi lebih dari tiu tidak disarankan karena kopi bersifat asam hingga dapat memperparah sakit maag. Khasiat lainnya, antara lain :

1. Mencegah penyakit syaraf

2. Melindungi gigi

3. Menurunkan resiko kanker payudara

4. Mencegah batu empedu

5. Melindungi kulit

6. Mencegah diabetes

7. Mencegah sirosis hati

8. Manfaat kecantikan kulit

Khasiat Jahe

1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

2. Perut kembung

Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

3. Mengobati migrain

Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

4. Demam dan batuk

Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan dapat melancarkan peredarah darah, kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

5. Obat mabuk perjalanan

Terlebih untuk yang sering mengalami mabuk dalam perjalanan, sebaiknya mengkonsumsi minuman jahe. Rempah-rempah yang satu ini diyakini dapat mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

6. Bersifat anti alergi

Manfaat jahe bersama ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang seringkali dapat terjadi selama musim alergi.

7. Mengobati morning sickness

Rasa mual, perut kembung dan rasa ingin muntah pada pagi hari, termasuk pada wanita yang sedang hamil. Morning sickness dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan minuman jahe.

8. Mengangkal radikal bebas

Jahe mengandung kandungan antioksidan yang mampu untuk dapat mengatasi efek merusak karena disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

9. Peradangan

Jahe seperti pada nomor 1 bahwa jahe memiliki kandungan senyawa yang dinamakan gingerol. Senyawa gingerol ini bertanggung jawab untuk sebagai aroma menyengat dan khasiat anti-inflamasi. Pada saat mencari obat anti peradangan pastikan obatnya memiliki kandungan gingerol.

10. Arthritis

Ekstrak jahe yang juga bermanfaat pada penderita arthritis dan osteoarthritis. Kandungan pada jahe sudah diyakini mengandung komponen yang dapat menghambat COX, dimana COX merupakan salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab tentang timbulnya peradangan. Obat resep penghambat COX ini biasanya memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh. Manfaat jahe sebagai salah satu obat herbal alami dapat memiliki khasiat yang serupa dan tanpa efek samping.

Oh, akhirnya saya pun menyimpulkan sendiri, kenapa kalau meminum kopi jahe perut saya tidak bermasalah. Mungkin karena jahe memiliki khasiat untuk pencernaan, perut kembung, mual dan nyeri. Sehingga menurunkan efek samping dari minuman kopi yang dapat memicu maag. Yah, paling tidak jawaban ini cukup memuaskan bagi saya pribadi. Mengingat saya bukan seorang herbalis sejati, saya hanya pecinta kopi yang penasaran 😀

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...