Home / Apotik Hidup / Cincau Hijau Jadi Es yang Segar atau Jadi Obat yang Ampuh

Cincau Hijau Jadi Es yang Segar atau Jadi Obat yang Ampuh

Musim panas seperti ini pedagang es dawet cincau hijau di depan kantor ku mulai ramai lagi berjualan. Biasanya sepulang kerja aku membeli beberapa bungkus es cincau hijau untuk dinikmati di sore hari di rumah sambil beristirahat melepas penat. Cincau hijau rasanya dingin seperti agar-agar, namun dengan aroma dan cita rasa yang khas, seluruh penghuni rumah menggemari es dawet cincau hijau ini.

Tapi ternyata tidak hanya enak dibuat sebagai es dawet, cincau hijau juga banyak manfaat kesehatannya. Cincau hijau, lendir hijau yang didapat dari daun tanaman Cyclea barbata Miers ini berkhasiat sebagai anti demam, obat sakit perut, dan mengatasi tekanan darah tinggi. Bahkan tanaman cincau hijau bagian batangnya yang mengandung quenine bisa digunakan sebagai penurun demam dan menghambat perkembangan plasmodium falcifarum penyebab malaria.

Kandungan zat berkhasiat pada daun cincau hijau adalah polifenol, saponin, flavonoid, kardioplegikum, tentradine, isotentradine, dimetil tentradine, dan lemak. Batang pohon cincau hijau mengandung Quenine dan akarnya mengandung bisbenzylisoquinoline.

Wah, kayaknya setelah banyak yang mengetahui khasiatnya, pedagang es cincau hijau bakal kebanjiran order ya…hahhaha (Semoga lancar terus rezekinya buat pedagang es cincau hijau yang jujur, amin..)

 

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...