Home / Artikel Kesehatan / Gunakan Air Tajin Dapat Manfaat Sehat

Gunakan Air Tajin Dapat Manfaat Sehat

Jaman dulu para orangtua seringkali memberi anak-anak mereka air tajin untuk diminum sebagai pelengkap gizi. Air tajin dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan untuk manusia. Mereka memberikan tajin pada anak-anak mereka dengan harapan agar anak-anak mereka tumbuh besar dan sehat.

Air tajin atau air rebusan beras saat mendidih, memang memiliki banyak manfaat dan khasiat diantaranya :

  • Kolesterol. Susu beras ini mengandung semua manfaat yang ada dalam beras, kecuali laktosa. Karena itu ia baik bagi keseimbangan kolesterol Anda. Ada vitamin dan mineral juga, lho di dalamnya.
  • Kecantikan bibir. Ternyata, air tajin bisa digunakan untuk mengembalikan warna bibir yang gelap, menjadi cerah kembali. Oleskan saja air tajin yang sudah dingin ke bibir sebelum Anda konsumsi.
  • Luka terbakar matahari. Bila kulit Anda terbakar matahari, oleskan air tajin dingin ke kulit tersebut. Ia berfungsi mendinginkan dan membantu proses penyembuhan.
  • Kesehatan jantung. Selain menormalkan kolesterol, terdapat vitamin E serta magnesium dalam air tajin yang berfungsi untuk menyehatkan jantung.
  • Imunitas. Bila dikonsumsi secara teratur, maka air tajin akan meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. ini karena berbagai mineral dan vitamin yang terkandung dalam air tajin tersebut. Apalagi bila terbuat dari beras merah.

Namun yang perlu dicatat adalah agar kandungan gizi air tajin tinggi, gunakan beras yang tidak melalui proses selep atau mesin giling beras. Lebih baik guanakan beras yang ditumbuk, karena kulit ari beras yang kaya nutrisi tetap melekat saat ditumbuk lesung, seperti nenek-nenek kita dulu ketika menumbuk padi menjadi beras.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...