Home / Berita / HP Smartphone Canggih cek darah dan cacing Parasit tubuh

HP Smartphone Canggih cek darah dan cacing Parasit tubuh

Teknologi baru Smartphone telah dikembangkan yang dapat mendeteksi dan menghitung menggeliat cacing parasit dalam setetes darah.

Teknik ini menawarkan hasil yang akurat dengan cepat, menyediakan petugas kesehatan di Afrika dengan informasi penting yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang dapat menyelamatkan jiwa dalam pengobatan onchocerciasis (sungai kebutaan) dan filariasis limfatik.

Sebagaimana dilaporkan dalam Science Translational Medicine, yang “CellScope Loa” sistem, yang dirancang oleh insinyur UC Berkeley, scan darah dan menggunakan sebuah aplikasi untuk secara otomatis mendeteksi parasit bergerak dalam sampel.

“Ini adalah perangkat pertama yang menggabungkan teknologi pencitraan dengan hardware dan software otomatisasi untuk menciptakan solusi diagnostik yang lengkap,” kata profesor dari bioteknologi di UC Berkeley, Daniel Fletcher.

Kebutaan adalah penyebab kedua kebutaan menular di seluruh dunia dan filariasis limfatik, yang sangat endemik di beberapa daerah di Afrika, menyebabkan nyeri dan menodai kondisi kaki gajah.

Penyakit ini bisa diobati dengan obat yang disebut ivermectin, tetapi pengobatan ini berpotensi berbahaya untuk pasien yang sudah terinfeksi cacing parasit lain yang disebut Loa loa atau cacing mata Afrika. Ketika tingkat darah dari Loa loa tinggi, penggunaan ivermectin dapat menyebabkan kerusakan saraf parah dan bahkan fatal.

Namun, tes konvensional untuk mendeteksi Loa loa yang memakan waktu, membutuhkan teknisi untuk secara manual menghitung cacing dalam film darah menggunakan peralatan laboratorium. Hal ini membuat proses cocok untuk digunakan di lapangan atau dalam kampanye massa untuk mengelola ivermectin…….

Check Also

DAUN BINAHONG SOLUSI AMPUH UNTUK WAJAH BOPENG BERJERAWAT AKUT

DAUN BINAHONG SOLUSI AMPUH UNTUK WAJAH BOPENG BERJERAWAT AKUT

Siapa yang tidak kenal BINAHONG ? Yap, terkenal karena menyembuhkan luka dengan cepat pasca operasi. ...

...