Home / Apotik Hidup / Iler Tanaman Obat Untuk Hepatitis, Cacingan dan Wasir

Iler Tanaman Obat Untuk Hepatitis, Cacingan dan Wasir

Iler merupakan tanaman hias yang mudah ditemui di pekarangan rumah, atau bahkan di ladang. Warna daunnya merah hingga ungu dan berbulu menjadi daya tarik tersendiri. herba tumbuhan Iler memiliki sifat kimiawi harum, berasa agak pahit, dingin memiliki kandungan kimia sebagai berikut.
Daun dan batang : minyak atsiri, fenol, tannin, lemak, phytosterol, kalsium okasalat, dan peptik substabces.
Komposisi kandungan kimia yang bermanfaat antara lain alkaloid, etil salisilat, meta eugenol, timol karvakrol dan mineral.

Tumbuhan Iler dapat menyembuhkan hepatitis dan menurunkan demam, batuk dan influenza.Selain itu daun Iler juga dapat menetralisir racun, menghambat pertumbuhan bakteri, mempercepat pematangan bisul, pembunuh cacing, wasir, peluruh haid, memecah gumpalan darah, gangguan pencernaan makanan, radang paru, digigit ular berbisa dan serangga. Bagian akar tumbuhan ini berkhasiat untuk mengatasi perut mulas dan diare. Dalimartha juga menyebutkan bahwa tumbuhan iler dapat mneyembuhkan radang telinga, mengeluarkan cacing gelang dari perut. Tetapi dengan catatan ibu hamil dilarang meminum rebusan iler ini karena dapat mengakibatkan keguguran.

Untuk mengobati radang usus, daun iler segar 12 helai, bawang merah sangrai 1 butir, rimpang kunyi 1 ruas ibu jari, patikan cina segar 7 g, menyan madu 1/2 gr, air 110 ml, dalam wadah dipipis, kemudian diminum untuk 2 kali minum dalam sehari.

Untuk mengobati wasir daun iler 12 helai, daun wungu 7 helai, pegagan 1 genggam,air secukupnya lalu dipipis, airnya diminum 1 kali sehari 1/4 gelas.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...