Home / Artikel Kesehatan / Kanker Payudara Tapi Takut Dioperasi

Kanker Payudara Tapi Takut Dioperasi

Kebiasaan memeriksa payudara sendiri secara teratur merupakan kebiasaan yang baik. Karena dengan kebiasaan ini bila terdapat kelainan pada payudara akan segera diketahui. Seperti yang diceritakan oleh sebut saja Santi (28) yang mengetahui adanya benjolan kecil pada payudara kiri sebelah luar, setelah melakukan pemeriksaan payudaranya sendiri. Khawatir benjolan tersebut adalah kanker , maka ia memeriksakan diri ke dokter ahli bedah. Setelah serangkaian pemeriksaan seperti USG dan biopsi, menurut dokter ia mengidap kanker stadium dini,dan disarankan untuk segera dioperasi.

Beberapa hal yang ditakutkan oleh Santi, Ia takut dioperasi karena belum menikah dan khawatir bila calon suami akan meninggalkannya bila payudaranya dioperasi. Selain itu Santi memiliki riwayat menderita penyakit Asma.

Dalam era kedokteran sekarang,pada umumnya operasi dapat dijalankan dengan aman. Kebanyakan orang yang takut dioperasi karena khawatir bila selama pembiusan atau operasi terjadi faktor “penyulit”. Namun patut diingat, pada penyakit kanker semakin dini kanker ditemukan dan diobati maka semakin baik hasil pengobatannya. Dab bila terlalu lama menunggu mungkin perjalanan penyakit kanker sudah bertambah stadiumnya. Sehingga pengobatan yang dilakukan akan lebih rumit, adakalanya setelah operasi perlu dilakukan sinar atau obat-obatan anti kanker (kemoterapi).

Dalam penyakit kanker dikenal dengan istilah golden time, yaitu masa terbaik untuk melakukan pengobatan. Sangat disayangkan jika masa ini hilang atau tertunda karena hasil pengobatan setelah melewati masa itu akan kurang memenuhi harapan.

Maka sebaiknya kekhawatiran mengenai operasi kanker dan ketakutan yang lainnya diabaikan terlebih dahulu, karena kesehatan Anda lebih penting dan berharga.

Memang tidak mudah, terutama bagi penderita kanker payudara yang takut payudaranya diangkat, dukungan dan motifasi yang kuat dibutuhkan untuk mengatasi ketakutan akan operasi kanker payudara.

Untuk menghadapi operasi kanker payudara beberapa hal dapat Anda lakukan agar membuat Anda yakin dan mantab untuk melakukannya, tanpa dihantui kekhawatiran berlebihan.

Menguatkan Mental

1. Spiritual

Tingkatkan hubungan dengan Tuhan, banyaklah berdoa dan meminta diberikan yang terbaik bagi Anda dan orang-orang tercinta Anda. Memohonlah pada Tuhan yang Maha menyembuhkan, agar penyakit Anda dapat diatasi dengan baik, segera, tanpa kesulitan apapun.

2. Dukungan moril

Dukungan dari orang-orang terdekat Anda sangat baik untuk memberikan suntikan semangat . Ayah,ibu, suami dan anak-anak serta sahabat bisa menjadi penyemangat bagi Anda yang akan menghadapi operasi ini.

3. Informasi yang lengkap

Segala macam bentuk penanganan dalam operasi anda pasti akan ditangani secara langsung oleh dokter bedah yang bertugas. Inilah mengapa saat anda ingin menjalani suatu operasi kanker payudara dan merasa kurang paham, anda harus menanyakan langsung kepada dokter bedah yang mengoperasi anda.
Hindari bertanya kepada perawat, dokter jaga atau asisten dokter yang tidak menjalankan operasinya. Jangan sampai anda mendapatkan informasi yang salah dari orang yang tidak mengetahui detail operasi anda. Hal ini penting untuk Anda ketahui agar Anda tidak kaget terhadap berbagai perlakuan dokter dan petugas medis lainnya terhadap Anda menjelang, selama dan pasca operasi.

Persiapan Materiil

Biaya operasi biasanya tidak murah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya, anda harus memastikan biaya operasi yang harus anda bayarkan. Anda bisa mengikuti program-program pemerintah yang seperti jaminan kesehatan masyarakat, dan sebagainya yang dapat mengurangi beban Anda secara finansial.

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...