Home / Apotik Hidup / Kejibeling Obat Batu Ginjal Yang Alami

Kejibeling Obat Batu Ginjal Yang Alami

Kejibeling sudah tidak diragukan lagi khasiatnya sebagai obat. Tanaman ini sudah turun temurun digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Kadang kejibeling juga dikombinasi dengan berbagai herbal untuk mengoptimalkan khasiatnya. Di jaman moderen saat ini kejibeling diproduksi sebagai fitofarmaka dlam bentuk cairan dan kapsul untuk memudahkan pasien mengonsumsinya.

Keji Beling yang mempunyai nama latin Strobilanthes crispus Bl atau Sericocalyx crispus (L.) ini mudah berkembang biak pada tanah subur dan agak terlindung serta pada tempat terbuka yang mempunyai ketinggian 1 – 1.000 m di atas permukaan laut.

Sebuah percobaan pernah dilakukan terhadap mencit dengan menggunakan kejibeling ini, yang hasilnya dapat menyembuhkan nekrosis hati. Selain itu, dikabarkan bahwa kecibeling tidak beracun, dan mengandung antioksidan. Dibuktikan dengan tumbuhan ini yang hanya beracun terhadap kanker usus dan hati saja, ia tidak merusak sel sehat.

Selain itu, diketahui tumbuhan ini lebih efektif membunuh sel kanker ketimbang obat-obatan kanker konvensional seperti tamoksifen, doksorubisin, paklitaksel, dan dosetaksel. Ia baik untuk menyembuhkan kanker payudara, dan prostat.

Tanaman keji beling yang dikenal sebagai obat herbal batu ginjal ini adalah termasuk tanaman terna dimana biasa ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman-tanaman pagar, dan menariknya adalah tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di hampir diseluruh tempat di wilayah Indonesia. Tanaman ini digolongkan sebagai tanaman obat atau herba liar yang hidup menahun dimana banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan khususnya untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Dari berbagai penelitian diketahui tanaman obat herbal batu ginjal atau keji beling banyak mengandung zat antara lain adalah:

– Kalium yang diketahui berfungsi untk melancarkan air seni dan juga mampu menghancurkan batu didalam empedu, juga pada ginjal dan juga kandung kemih.

– Natrium ini mempunyai fungsi dan kegunaan untuk meningkatkan cairanekstraseluler yang bisa menyebabkan peningkatan jumlah volume darah.

– Kalsium-nya berguna untuk membantu prosespembekuan darah, selain itu juga untuk katalisator dari berbagai proses biologi didalam tubuh dan juga mempertahankan dari fungsi-fungsi membran sel.

– Asam silikat mempunyai fungsi guna mengikat air dan minyak serta senyawa non-polar lainnya.

– Selain itu juga terdapat kandungan zat flavonoida, alkaloida, saponin, dan polilenoi didalam tanaman keji beling obat herbal batu ginjal ini.

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...