Home / Apotik Hidup / Khasiat Delima Putih Dari Obat Kanker Sampai Cacingan

Khasiat Delima Putih Dari Obat Kanker Sampai Cacingan

Delima Putih (Punica granatum Linn) merupakan buah yang unik, kuno, dan mistik. Mempunyai masa hidup yang lama, dibudidayakan di daerah mediterania, sepanjang Himalayautara,Asia Tenggara,California, dan Arizona. Sebenarnya jenis delima ada 3 yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu.
DAlam sepuluh tahun terakhir penelitian terhadap antioksidan, anti karsinogenik, dan anti inflamasi dari kandungan senyawa delima putih telah dilaporkan, terutama untuk pengobatan danpencegahan penyakit kanker, penyakit kardiovaskuler, diabetes, disfungsi ereksi, infeksi bakteri antibiotik resisten, keruskan kulit akibat sinar UV, infertilitas pria,azheimer,dan kegemukan.

Kandungan Obat dalam Delima Putih

Pada kulit delima putih memiliki kandungan alkaloid dan flavonoid yang mempunyai aktivitas antimikroba terhadap Candida albicans. Tanaman Obat Delima putih (Punica granatum) atau biasa dikenal dengan nama Pomegranate termasuk dalam family Punicaceae. Bagian buah dan kulit kayu dari delima putih digunakan untuk infeksi cacing pita, yang dapat menyebabkan cacing tersebut melepaskan ikatannya dari dinding usus. Dengan konsumsi hasil rebusan kulit buah delima putih disertai laksatif/ pencahar, tubuh dapat terhindar dari cacingan. Tak hanya itu bagian lain tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit akar ( dikeringkan terlebih dahulu), daun , biji , dan bunga.

Khasiat Delima Putih

1. Cacingan
Cuci akar delima yang dikeringkan (kurang lebih 7g), lalu potong-potong seperlunya. Kemudian rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.
Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduks sampai merata, lalu minum sekaligus.
2. Radang Gusi
Cuci bunga delima (sekitar 7 kuntum) dengan air bersih, lalu rebus dengan segelasair bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan utnuk kumur-kumur.
3. Pendarahan
Rebus bungan delima (kurang lebih 20g) dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.
4. Luka
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang luka.
5. Sariawan
Ambil dua buah delima yang segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelasair sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2-3 kali sehari sampai sembuh.
6. Sering kencing
Ambil isi buah delima (yang segar dan masak, satu buah) dan segenggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.
7. Keputihan
Rebus kulit delima kering (30 gr) dan herba sambiloto kering (15 gr) dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan bagi untuk 3 kali minum, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina.

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...