Home / Artikel Kesehatan / Manfaat 7 Makanan dan Minuman yang Disebutkan Dalam Al quran dan Hadits

Manfaat 7 Makanan dan Minuman yang Disebutkan Dalam Al quran dan Hadits

Dalam Al quran beberapa makanan dan minuman disebutkan langsung oleh Allah dan disebut sebagai makanan yang baik dan halal, bahkan diantaranya juga disebut sebagai makanan dan minuman yang kelak ada di surga yang dihidangkan pada orang-orang beriman. Begitu juga di dalam hadits nabi beberapa makanan dan minuman disebutkan memeberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.Bagaimana pun, Al quran dan hadits adalah pedoman hidup bagi orang Islam, dan meyakini kebenarannya adalah wujud iman seorang mu’min.

Dalam tulisan ini akan kami ulas satu per satu manfaat makanan dan minuman yang disebutkan dalam Al-quran maupun hadits, semoga menambah kemantapan iman kita sebagai muslim.

1. Buah Tin

Buah Tin tidak ada di daerah Hijaz maupun Madinah. Al Qur’an hanya menyebutkan sekali dan di satu tempat saja, yaitu dalam QS. At-Tiin ayat 1.

Buah Tin mengandung unsur gula yang sangat tinggi dan juga mengandung garam utama, seperti kalsium, fosfor, besi dan sejumlah vitamin, seperti vitamin A dan B. Selain itu, juga mengandung vitamin K yang masuk dalam proses pembekuan darah dan berfungsi menghentikan pendarahan.

Manfaat dari buah tin adalah sebagai berikut :

– Untuk mengobati susah buang air besar
Seduhlah 3 sampai 4 butir buah tin kering dalam gelas yang berisi air dingin pada sore hari, lalu pada pagi harinya buah ini dimakan dan airnya diminum.

– Untuk mengobati penyakit usus atau lambung
Potong 6 sampai 7 buah tin kering, lalu tenggelamkan dalam minyak zaitun, dicampur beberapa potong jeruk nipis, lalu biarkan selama satu malam penuh dan potongan-potongan buah tin ini bisa dimakan beserta airnya pada pagi hari.

– Untuk mengobati luka dan bisul
Balutkan buah tin yang kering yang telah dididihkan dengan susu untuk memecah buah tin yang kering ini agar terbuka bagian dalamnya secara keseluruhan. Didihkan selama beberapa menit dengan susu biasa. Setelah dingin, tutuplah luka dengan ramuan ini dan letakan bagian dalam buah tin ini tepat diatas luka, lalu ikat dengan kain dan perbarui pembalutan ini tiga sampai empat kali dalam sehari.

– Untuk mengobati haid yang tidak teratur
Didihkan 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu minum. Ramuan ini untuk mengobati batuk juga gangguan haid, dan melancarkan haid. Ramuan ini berfungsi juga untuk obat kumur dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

– Seduhan buah tin kering
Ramuan ini dapat membantu emperlancar kencing dan ASI.

Mengingat karena kadar kandungan gulanya tinggi, buah tin – kering – bagus dikonsumsi oleh anak-anak, orang diet dan olah-ragawan, tetapi hendaknya dihindari oleh penderita gula tinggi dan kolestrol. Buah tin juga kaya dengan vitamin A dan B serta kadar tertentu dari vitamin C. Dan mengandung garam pokok seperti: Kalsium, fosfor, zat besi yang membangun pertumbuhan badan dan pembangkit tekanan darah.

2. Buah Zaitun

Dalam QS. An-Nahl ayat 11, Allah berfirman :

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Kata zaitun di dalam Al-Qur’an juga terdapat pada Surah At-Tîn ayat 2, pada QS.80:29, dan QS.23:20. Khasiat zaitun sangat banyak sekali, mulai dari daunnya,buahnya bahkan minyaknya.Diantara manfaat zaitun adalah menghaluskan kulit,anti jerawat,mencerahkan kulit,mencegah obesitas dan Osteoporosis karena minyak zaitun bebas lemak,mencegah penuaan dini,mengikis kolestrol,dsb.

Buah zaitun atau nama botaninya dikenali sebagai olea europea ditanam di kawasan Meditranean tetapi tempat penanaman yang paling utama ialah Sepanyol, Turki, Itali, Tunisia dan Morocco.

Menjaga kesehatan usus. Buah zaitun hitam memiliki kandungan zat senyawa yang bernama oleuropein aglycone, kandungan tersebut sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan usus. Tidak hanya itu, kandungan senyaawanya mampu mencegah resiko kerusakan pada jaringan usus besar yang dipicu oleh gejala iskemia, sehingga dapat mengganggu sirkulasi darah di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan minyak yang dimiliki buah zaitun dapat menyehatkan rambut dan juga kulit kepala. Sehingga sangat efektif dalam mengatasi masalah rambut dan kesehatan kulit kepala seperti rambut kering, rambut rontok, ketombe dan masalah rambut dan kulit kepala lainnya. Caranya yaitu dengan membilaskan minyak zitun hitam keseluruh rambut dan kulit kepala secara merata, setelah itu diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan keramas.

Bagi anda yang mengalami kulit kaki yang pecah-pecah, minyak buah zaitun merupakan solusi yang tepat untuk anda. Hal ini dikarenakan minyak buah zaitun dapat membantu dalam melembabkan kulit kaki yang kering, sehingga kulit kaki akan tampak lembab dan halus.

Minyak buah zaitun juga dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit bibir yang kering, sehingga kulit bibir akan tampak lembut dan terhindar dari bibir pecah-pecah. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin setiap hari, lakukan perawatan ini 2 kali sehari.

Selain itu, minyak zaitun juga sangat efektif dalam melembutkan kulit wajah dan tubuh. Caranya yaitu dengan memaskerkan minyak zaitun atau dijadikan lulur sebelum mandi, lakukan perawatan secara rutin minimal 2 kali seminggu.

Kandungan antioksidan yang dimiliki buah zaitun hitam dapat berkhasiat untuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Kandungan kalium di dalam minyak buah zaitun sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga dapat mencegah resiko terkena serangan jantung dan juga stroke.

Mengkonsumsi buah zaitun setiap hari, dipercaya dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan buah zaitun mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit seperti demam, batuk, flu dan pilek.

Kandungan kalsium di dalam buah zaitun dapat mencegah osteoporosis serta meredakan rasa nyeri akibat radang sendi. Selain itu, jika dikonsumsi bagi anak-anak dapat mempercepat dan menguatkan pertumbuhan tulang dan gigi.

Manfaat mengkonsumsi buah zaitun juga sangat ampuh dalam mencegah cacingan pada anak-anak.

3. Buah Kurma

Kata tamr atau kurma banyak kita jumpai di dalam Al-Qur’an, diantaranya pada QS.Maryam, ayat 23 dan 25: “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu” (QS.Maryam: 25).

Kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah mengandung potasium yang tinggi yang dapat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah,sehingga dapat mencegah darah tinggi dan stroke. Selain itu kurma juga mengandung berbagai mineral yang dapat mengoptimalkan kandungan elektrolit dalam cairan tubuh serta menambah tenaga, sehingga sangat baik bila dikonsumsi bagi orang yang berpuasa.Kurma juga dapat menurunkan kadar kolestrol,anti diare,anti radang tenggorokan dan flu,meningatkan trombosit pada penderita demam berdarah,mencegah anemia dan lesu darah,kandungan vitamin A nya sangat baik untuk mata dan berguna bagi ibu-ibu yang berumah tangga maupun untuk ibu hamil,nifas dan menyusukan (lih.entri: Aneka Khasiat dan Manfaat Kurma).

Kurma adalah salah satu buah yang terdapat di syurga, hal ini dijelaskan Allah dalam surah Ar-Rahmaan ayat 68 yang berbunyi,”Di dalam kedua syurga itu ada buah-buahan,kurma dan delima (QS.55:68).Ayat-ayat yang lain di dalam Al-Qur’an yang juga menyebutkan buah kurma ini diantaranya adalah: QS.2: 266, QS.16:11&67, QS.6:141 dan QS.26:148

4. Biji Sawi

“(Luqman berkata): Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus[1181] lagi Maha Mengetahui.” ( Q.S Luqman ( 31:16.

Biji Sawi sering digunakan dalam pengobatan herbal, terutama sebagai tapal rubefacient [4]. Benih alasan dan dijadikan pasta kemudian dioleskan pada kulit dalam pengobatan rematik, sebagai satu cara untuk mengurangi kemacetan dalam organ internal. Digunakan secara eksternal, mustard mengurangi kemacetan dengan menarik darah ke permukaan seperti dalam penderitaan kepala, neuralgia dan kram. Air panas dituangkan pada benih memar membuat mandi kaki perangsang, baik untuk pilek dan sakit kepala. Herbal Old menyarankan mustard untuk mengobati alopecia, epilepsi, gigitan ular, dan sakit gigi.

Hati-hati untuk tidak berlebihan, karena kadang-kadang tapal obat dapat menyebabkan iritasi cukup parah pada kulit [K]. Benih juga digunakan secara internal, ketika ia adalah makanan pembuka, pencernaan, diuretik, yg menyebabkan muntah dan tonik. Ditelan keseluruhan ketika dicampur dengan sirup kental, ia bertindak sebagai pencahar. Air rebusan biji digunakan dalam pengobatan indurations hati dan limpa.

Ia juga digunakan untuk mengobati karsinoma, tumor tenggorokan dan imposthumes]. A cair dibuat dari biji, ketika gargled, dikatakan membantu tumor dari “sinax.”. Benih dimakan sebagai tonik dan stimulan nafsu makan. Air panas dituangkan ke mustar lebam membuat mandi kaki merangsang dan juga dapat digunakan sebagai inhaler di mana ia bertindak untuk melepaskan dingin atau menghilangkan sakit kepala. Mustard Oil dikatakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Mustard juga disarankan sebagai bahan obat cuci perut teh, berguna dalam gangguan. Tepung Mustard dianggap antiseptik.

5. Madu

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69 :

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

Berikut Khasiat madu sebagai obat bagi manusia :

1. Mengurangi Gejala Alergi dan Asma
Madu merupakan agen anti-inflamasi yang merupakan obat alami untuk mengurangi gejala alergi dan asma. Di dalam tubuh madu sangat efektif menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.

2. Mencegah Bakteri
Madu juga agen anti-bakteri yang melindungi tubuh dari infeksi bakteri penyebab penyakit, jika digunakan sebagai obat luar alami dapat melindungi luka bakar dari serangan bakteri. Di samping itu juga menangani bekas luka akibat gigitan serangga, misalnya lebah.

3. Menurunkan Berat Badan
Di dalam madu terdapat tiga kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin, mineral dan asam amino. Ketiga bahan alami tersebut bertugas sebagai pengontrol berat badan (jika tinggi diturunkan begitupun sebaliknya) sehingga menjadikan Anda terbebas dari obesitas.

4. Obat Batuk dan Radang Tenggorokan
Untuk menyembuhkn batuk yang tak kunjung henti disertai rasa gatal pada tenggorokan Anda bisa dengan membuat teh madu yang dicampur lemon, serta air hangat. Sesudah minum teh jangan lupa juga untuk minum air putih agar senyawa pencipta rasa manis dalam madu dan lemon tidak tertinggal di tenggorokan.

5. Menjaga Fungsi Saluran Cerna
Rutin minum satu gelas susu dengan tambahan dua sendok makan madu hutan sangat baik untuk memelihara fungsi saluran cerna, terlebih jika Anda minum sebelum tidur.

6. Memberi Tambahan Energi
Jika tubuh merasa lelah karena pekerjaan yang cukup menguras tenaga, pada waktu istirahat minumlah secangkir teh madu tanpa gula. Madu merupakan penyuplai energi tambahan karena di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang cukup banyak.

Jika Anda seorang atlet, tentu sering bergerak dan tak jarang mengalami kelelahan. Glukosa alami dalam madu juga memberikan dorongan energi secara instan agar kinerja tubuh meningkat pesat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh akan lebih kebal terhadap infeksi bakteri penyebab penyakit jika setiap harinya Anda berikan nutrisi yang cukup. Untuk melengkapi nutrisi yang kurang, Anda dapat konsumsi madu sebagai bahan yang setiap hari wajib mengasup tubuh Anda.

8. Mengatasi Insomnia
Berdasarkan sebuah penelitian campuran antara kayu manis, jahe dan madu yang dijadikan teh herbal dapat menenangkan tubuh ketika malam hari dilanda insomnia atau asusah tidur.

9. Memelihara Kondisi Rambut
Madu memang terkenal akan khasiat bagi kesehatan rambut. Anda bisa merawat pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan menjauhi permasalahan pada rambut lain cukup dengan konsumsi madu setiap harinya.

6. Susu

Dalam Al Quran, susu disebutkan dalam 2 Surat An Nahl dan Al Mu’minun :

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (QS An Nahl : 66)

“Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan”(QS Al Mu’minum : 21)

Manfaat minum susu bagi kesehatan manusia :

melancarkan pencernaan bagi yang sulit membuang air besar (BAB) maka itu tandanya mereka sulit sekali minum susu.

Sering pusing-pusing dan kunang-kunang ketika berdiri itu terjadinya kelemahan pada tubuh yang terjadi maka dia kekurangan susu dan vitamin lainnya.

Jika anda yang sering terkena penyakit darah rendah, maka susu setiap pagi dapat diminum sebelum berangkat ke kantor entah susu putih atau susu cokelat sesuai selera. Tapi susu putih lebih banyak kalsiumnya dan lebih bervitamin dibanding susu cokelat karena dia mengandung cokelat maka kalsiumnya akan menurun.

Menghindari mereka yang sering mudah lelah.

Jika kamu yang memiliki penyakit insomnia setiap malam, maka sebelum tidur minumlah susu agar tidurnya lebih nyenyak dan bermimpi indah.

Menghindari mereka yang sering mudah lelah.

Susu bisa meningkatkan energi pada bagian tubuh yang semakin hari semakin lemah.

Mempercepat pertumbuhan karena banyak mengandung nutrisi yang baik.

Susu memperkuat tulang-tulang yang rapuh, semakin kita bekerja keras setiap hari, maka kita akan semakin menggunakan eneergi kita dari tulang, terutama tulang punggung, tangan, kaki, serta pinggang. Maka dari itu susu sangat dianjurkan agar terhindar dari serangan osteoporosis.

7. Biji Jintan Hitam

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sesungguhnya di dalam habbatus sauda (jinten hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian” (HR. al Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Khasiat jintan hitam untuk pengobatan dan menjaga kesehatan :

Jinten hitam untuk suplemen gizi: Kandungan zat yang ada didalam jinten hitam adalah betakaroten atau provitamin-A, zat besi, potassium dan sodium.
Jinten hitam mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium, dan potassium.Walaupun unsur-unsur mineral tersebut tak banyak dibutuhkan tubuh, namun berfungsi penting sebagai kofaktor. Sebagai suplemen penambah gizi, Anda bisa mengkonsumsi minyak dari jinten hitam ini setengah sendok teh 3 kali sehari.

Jinten hitam untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Jinten hitam baik untuk orang yang sedang mengalami gangguan dari fungsi kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terganggu, membuat anak menjadi rentan terkena serangan virus, misalnya influenza. Jinten hitam dapat diberikan kepada seseorang yang sedang menderita flu agar cepat sembuh, karena sifatnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Jinten hitam untuk pengobatan asma dan alergi: Jinten hitam mengandung protein kinase C yang diketahui bisa menghambat pelepasan histamin. Histamin merupakan zat yang dilepaskan oleh sistem tubuh karena reaksi dari alergi. Untuk penderita Asma Bronkial dan penyakit alergi yang lainya ,bisa diatasi dengan jinten hitam dan tanpa efek samping. samping. Pengobatan asma dan alergi dapat dilakukan dengan minum minyak jinten hitam setengah sendok yang dicampur dengan satu sendok madu kedalam cangkir yang berisi air hangat. Larutan jinten hitam tersebut dapat diminum pagi hari sebelum sarapan dan sesudah makan malam. Selama melakukan pengobatan ini, hindarilah zat pemicu alergi yang biasa terdapat pada makanan yang dingin seperti.

Jinten hitam untuk Obat kanker: Asam lemak yang terkandung dalam jinten hitam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jinten hitam memiliki kemampuan memberi stimulasi tubuh untuk produktivitas sumsum tulang ,imunitas sel dan produksi interferon. Jinten hitam juga berguna untuk melindungi sel-sel yang normal , melawan virus perusak sel dan melawan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.
Cara pengobatan, campurkan setengah sendok teh minyak jinten hitam kedalam satu gelas jus anggur, diminum sebanyak tiga kali sehari. Manfaat jinten hitam akan berlangsung selama 2 minggu terhadap organ yang terserang kanker.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...