Home / Artikel Kesehatan / Manfaat Nyata Minum Air Perasan Jeruk Lemon

Manfaat Nyata Minum Air Perasan Jeruk Lemon

Minum air putih di pagi hari sesaat setelah bangun tidur dan perut kosong memang baik untuk kesehatan tubuh, selain menggantikan cfairan tubuh yang hilang saat tidur, air juga membersihkan pencernaan, serta membantu kerja ginjal untuk membuang toksin setelah tubuh semalaman mengalami regenerasi sel.

Namun ternyata cara ini bukan yang terbaik. Menambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis pada air minum Anda di pagi hari ternyata memiliki khasiat yang jauh lebih dahsyat daripada sekadar meminum air putih biasa. Mungkin orangtua kita dulu melarang kita untuk makan jeruk atau bahkan buah apa saja saat perut sedang kosong karena takut nanti sakit perut. Tapi nampaknya anggapan itu sudah tidak lagi berlaku. Karena banyak pakar kesehatan yang justru menyarankan memakan buah saat perut sedang kosong, agar nutrisinya terserap sempurna.

Nah, bagaimana dengan jeruk lemon?  Ternyata sekalipun bersifat asam saat belum dikonsumsi, air perasan jeruk lemon  segera berubah menjadi bersifat basa ketika berada di pencernaan. Oleh sebab itu, cara ini juga aman untuk penderita maag. Dan, unsur basa sangat diperlukan tubuh untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Manfaat kesehatan yang besar akan kita dapatkan dengan minum air yang dicampur perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, akan lebih baik jika air yang digunakan air hangat.

Mengeluarkan racun atau efek detoksifikasi

Air Lemon akan meningkatkan selera Anda ketika berada didalam mulut. Dan sesampainya didalam tubuh, air lemon yang Anda minum ini membantu menyiram ginjal dan liver Anda dari limbah dan racun. Hal ini juga bisa membantu membersihkan sistem limfatik, yaitu sistem tubuh lain yang juga bertugas menghilangkan racun.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pectin, jenis serat larut yang ditemukan dalam lemon membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat di dalam lemon juga menjaga kesehatan pencernaan dengan menyingkirkan zat-zat serta sisa makanan yang tak berguna bagi tubuh keluar lewat kotoran.

Antioksidan

Menambahkan satu sendok makan jus lemon kedalam air hangat sebagai minuman Anda, akan memberikan Anda 1.600 kapasitas serap oksigen radikal bebas atau ORAC.  ORAC adalah pengukuran yang dikembangkan oleh National Institutes of Health , yang digunakan untuk mengukur kapasitas antioksidan dalam makanan. Semakin tinggi nilainya, makan akan semakin tinggi juga manfaat antioksidannya, yaitu seperti melawan radikal bebas yang merusak sel. Salah satu antioksidan yang ditawarkan oleh lemon adalah jenis eriocitrin, yang dapat melindungi dari radikal bebas di organ hati.

Mempercepat Metabolisme Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lemon membantu detoksifikasi pada liver dan proses pengeluaran racun ini juga sekaligus mempercepat pembakaran lemak. Metabolisme tubuh Anda dalam membakar kalori dan lemak pun jadi meningkat sebanyak 33 persen.

Check Also

6 Makanan Alami Untuk Mengatasi Pendarahan Berlebih Saat Menstruasi Pada Wanita

Siklus menstruasi seorang wanita kadang jadi sangat menyakitkan akibat gangguan tertentu pada organ reproduksinya. Tak ...

...