Home / Artikel Kesehatan / Masuk Angin Mitos Atau Fakta?

Masuk Angin Mitos Atau Fakta?

“Perutku kembung nih…habis kehujanan pulang sekolah tadi” begitu kata Nita.

“Masuk angin tuh…, kerokan sana biar keluar anginnya!” Suruh mamanya.

Percakapan diatas umum kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Masuk angin biasanya menjadi alasan utama bila seseorang terkena gangguan kesehatan seperti meriang, kembung dan sakit kepala. Apalagi jika sebelumnya orang tersebut kehujanan, maka duagaan masuk angin makin kuat. Lah, tapi apa iya masuk angin itu adalah angin yang masuk ke dalam tubuh? Apa iya karena kehujanan menyebabkan orang masuk angin? Apa iya juga, kalau kerokan bisa menyembuhkan masuk angin?

Apa sih Masuk angin itu?

Masuk angin sebenarnya adalah istilah awam yang digunakan untuk menyebut keadaan tubuh yang sedang tidak sehat dengan berbagai keluhan ringan biasanya. Seperti demam, pusing, kembung, kadang mencret, yang sebenarnya ini adalah gejala-gejala awal perjalanan penyakit. Atau bisa dikatakan “masuk angin” adalah alarm tubuh yang menandakan bahwa tubuh sedang terserang suatu penyakit akibat bakteri ataupun virus. Jadi kalau merasa masuk angin, berarti tubuh Anda sedang diserang oleh bakteri atau virus penyebab penyakit, segeralah berobat!

Kehujanan penyebab masuk angin?

Sebenarnya bukan karena hujan penyebab masuk angin, tapi lebih kepada turunnya kondisi kesehatan tubuh, sehingga memudahkan bakteri atau virus menyerang pertahanan tubuh kita, apa lagi saat tubuh sedang kedinginan karena kehujanan. Jangan lupa juga bahwa sugesti berperan penting dalam kerja otak. Dari kecil hingga dewasa secara turun-temurun kita dicekoki dengan keyakinan bahwa kehujanan bisa menyebabkan masuk angin ataupun sakit, ketika kita kehujanan otak kita cemas, kecemasan membuat hormon kortisol meningkat sehingga sistem pertahanan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit.

Mengapa Kerokan saat masuk angin?

Kerokan sudah terbukti secara turun temurun dapat mengatasi masuk angin. Kalau tidak mengapa mereka masih mau melakukannya, ya tentu saja karena sudah terbukti manfaatnya kan. Kerokan sebenarnya tehnik pengobatan kuno yang dimaksudkan untuk merangsang sistem pertahanan tubuh melalui induksi radang lokal. Dengan adanya faktor peradangan, pembuluh darah akan melebar sesaat sehingga faktor-faktor pertahanan tubuh seperti interferon aktif kembali sehingga akan membangkitkan sistem pertahanan tubuh untuk mengontrol keberadaan virus dan bakteri merugikan.

Sistem tubuh kita memang luar biasa karena diciptakan oleh Yang Maha Kuasa, setiap gangguan terhadap tubuh manusia akan direspon dengan pertahanan yang sistematis, maka jangan remehkan masuk angin ya.

 

 

Check Also

Rambut Rontok, Kuku Rapuh Dan Sulit Tidur? Konsumsi Ramuan Ini!

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Apakah Anda memiliki kuku yang rapuh? Apakah Anda mengalami kerontokan ...

...